08 September 2019, 14:30 WIB

Eto'o Gantung Sepatu


Rendy Renuki H | Sepak Bola

AFP/Josep LAGO
 AFP/Josep LAGO
Samuel Eto'o kala berseragam Barcelona mengucapkan selamat tinggal kepada para pendukungnya.

SAMUEL Eto'o memutuskan pensiun dari lapangan hijau. Eto'o gantung sepatu di usia 38 tahun.

Keputusan tersebut diumumkan pemain asal Kamerun di Instagram pribadinya. Ia menuliskan ucapan perpisahan dalam foto yang memperlihatkan ia akan keluar dari sebuah pintu.

"Tamat. Menuju tantangan baru. Terima kasih semuanya, banyak cinta untuk kalian," tulisnya.

Eto'o tercatat telah berkarier sebagai pemain selama 22 tahun. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu memulai karier di Real Madrid pada 1997.

Baca juga: Michel Platini Bersiap Kembali ke Dunia Sepak Bola

Jarang mendapat waktu bermain, ia memutuskan hengkang ke Real Mallorca. Di sana, penampilannya mulai melejit dengan mencetak 48 dari 120 penampilan.

Tidak hanya itu, Eto'o sempat mempersembahkan gelar Copa del Rey musim 2002-2003. Prestasi yang membuat Barcelona kepincut dan mendatangkannya pada musim 2004-2005.

Eto'o langsung menjadi salah satu pemain yang terlibat di era keemasan Barca. Ia merasakan delapan gelar, termasuk Liga Champions, saat memperkuat Barcelona selama lima musim.

Kesuksesannya sebagai pemain berlanjut di Inter Milan pada musim 2009-2010. Eto'o ikut mempersembahkan gelar treble bagi Inter dengan memenangi Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions.

Qatar SC akhirnya menjadi pelabuhan terakhir striker Kamerun tersebut. Sepanjang kariernya Eto'o sudah bermain di 14 klub berbeda dengan tampil sebanyak 587 kali dan mencetak 293 gol. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT