08 September 2019, 13:45 WIB

ASEAN Sepakat Maksimalkan Digitalisasi Perkuat Integrasi Ekonomi


Andhika Prasetyo | Internasional

AFP/Royal Thai Goverment
 AFP/Royal Thai Goverment
PM Thailand Prayut Chan-O-Cha (keempat dari kanan) bersama para menteri ekonomi pada ASEAN Economic Ministers Meeting di Bangkok, Thailand.

PARA menteri ekonomi ASEAN sepakat memanfaatkan digitalisasi perdagangan dan teknologi industri 4.0 untuk memperkuat integrasi ekonomi di kawasan. Kesepakatan tersebut dicapai dalam Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN (ASEAN Economic Ministers Meeting) ke-51 di Bangkok, Thailand.

Dalam menjalankan kesepakatan itu, ASEAN akan mengadopsi empat prioritas yang bertujuan mendukung kesiapan negara anggota menghadapi era revolusi industri 4.0.

Adapun, keempat prioritas yang dimaksud ialah ASEAN Digital Integration Framework Action Plan (DIFAP), Guideline on Skilled Labour/Professional Services Development in Response to The Fourth Industrial Revolution (4IR), ASEAN Declaration on Industrial Transformation to Industry 4.0 dan Policy Guideline on Digitalisation of ASEAN Micro Enterprises.

“Saya sangat mengapresiasi pengadopsian keempat dokumen tersebut. Ini menunjukkan semakin berkembangnya arah kerja sama ASEAN. Kesepakatan ini juga menunjukkan keseriusan negara-negara di kawasan untuk beradaptasi dengan zaman," ujar Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita melalui keterangan resmi, Minggu (8/9).

Bagaimanapun, lanjutnya, semua negara di Asia Tenggara harus mempersiapkan kapasitas sumber daya manusia, industri, serta usaha kecil dan menengah (UKM) yang melek teknologi dan digitalisasi.

Hal itu menjadi harga mati untuk dapat terus berkompetisi di tengah situasi ekonomi global yang sedang bergejolak. (OL-09)

BERITA TERKAIT