08 September 2019, 11:50 WIB

Mantan Permaisuri Jepang Jalani Operasi Kanker Payudara


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/IMPERIAL HOUSEHOLD AGENCY
 AFP/IMPERIAL HOUSEHOLD AGENCY
Mantan Permaisuri Jepang Michiko

MANTAN permaisuri Jepang Michiko, Minggu (8/9), menjalani operasi setelah perempuan berusia 84 tahun itu didiagnosa mengidap kanker payudara stadium awal.

Suami Michiko, Akhihito, secara resmi mengundurkan diri sebagai Kaisar Jepang pada April lalu. Itu merupakan kali pertama dalam 200 tahun seorang kaisar Jepang melepaskan jabatannya.

Operasi Michiko dimulai pada Minggu (8/9) pagi sesuai jadwal di Rumah Sakit Universitas Tokyo.

Operasi itu disebut akan memakan waktu beberapa jam dan kekaisaran Jepang akan mengumumkan hasil operasi itu pada hari ini juga.

Baca juga: Tiba di Rusia, Abe Temui Putin

Akihito dan putrinya Sayako Kuroda, mantan putri yang menanggalkan gelar bangsawannya setelah menikah dengan warga biasa, berkunjung ke rumah sakit untuk bertemu Michiko sebelum operasi.

Akihito dan Michiko terkenal karena memodernkan monarki yang selama ini sangat tradisional, mendekatkan diri dengan publik, dan membuat keluarga kerajaan Jepang semakin populer.

Michiko merupakan warga biasa yang menikah dengan putra mahkota kerajaan Jepang. Dia lahir pada 1934 di Tokyo dan bersekolah di sekolah khusus putri Christian Sacred Heart School sebelum mengambil jurusan sastra Inggris di universitas.

Dia melahirkan Kaisar Naruhito pada 1960 dan putra keduanya Pangeran Akisino pada 1965. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT