07 September 2019, 15:30 WIB

Pembangunan Paviliun Indonesia Dubai Expo 2020 Dimulai Lusa


Akhmad Mustain | Ekonomi

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 Menperin Airlangga Hartarto (kedua kanan), Mendag Enggartiasto Lukita (kanan) mengikuti ratas persiapan Dubai Expo 2020

PEMERINTAH Indonesia akan membangun paviliun dalam rangka mengikuti Dubai Expo 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab. Peletakan batu pertama sebagai penanda dimulainya pembangunan akan dilakukan, Senin (9/9), oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

"Paviliun Indonesia ini punya letak strategis, karena berada di jalur utama," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward di Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu (7/9).

Menurut Dody, Paviliun Indonesia akan dibangun di atas lahan seluas 1.896 meter persegi dan akan dibangun oleh PT Wijaya Karya dan ditargetkan tuntas pada April 2020.

"Iya (anggarannya ditaksir Rp400 miliar), tapi angka tersebut masih bisa ditekan," tuturnya.

Baca juga: Konsep Indonesia Emas 2045 Diusung di Dubai Expo 2020

Kebutuhan dana sebesar Rp400 miliar tidak sepenuhnya bersumber dari anggaran pemerintah. Pemerintah menggandeng swasta ikut berkontribusi menjadi sponsor dalam kebutuhan pendanaan Expo 2020 Dubai.

"Astra, GT Radial dan APP bersedia untuk berpartisipasi, serta sejumlah perusahaan lainnya," ungkap Dody.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Tuti Prahastuti menambahkan partisipasi pada ajang tersebut selain meningkatkan perdagangan diharapkan sekaligus mendorong pariwisata Indonesia dan investasi dari kawasan Timur Tengah.

"Untuk menyukseskan perlu ada kerja sama aktif seluruh sektor, baik antar instansi pemerintah, serta pihak swasta," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT