06 September 2019, 14:30 WIB

Bersihkan Virus, Layanan Kependudukan Kota Bekasi Dihentikan


Gana Buana | Megapolitan

ANTARA FOTO/Risky Andrianto
 ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melayani pemohon pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), di Kantor Kecamatan Bekasi Selatan

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi menghentikan layanan administrasi kependudukan pada 12 kecamatan di Kota Bekasi mulai Jumat (6/9) pukul 11.00 WIB. Penghentian dilakukan lantaran pemerintah akan melakukan pemeliharaan jaringan.

“Layanan tetap ada, tapi hanya menerima berkas,“ ungkap Kepala Disdukcapil Kota Bekasi Muhammad Taufiq, Jumat (6/9).

Taufiq mengatakan berkas yang dikumpulkan petugas pada Jumat (6/9) baru akan diproses pada Senin (9/9). Petugas akan menghubungi pemilik dokumen untuk proses pengambilan.

“Seluruh layanan kependudukan kan terkait dengan jaringan,“ kata dia.

Baca juga: Disdukcapil Bekasi Kejar Penumpukan Berkas Kependudukan

Pemeliharaan jaringan, lanjut dia, dilakukan dalam rangka bersih-bersih malware dan virus. Sebab, belum lama ini, tim Informasi Teknologi (IT) dan tim Kemendagri menemukan sistem dan jaringan kependudukan terserang malware.

“Maka dari itu, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, untuk MPP (Mall Pelayanan Publik) tetap beroperasi seperti biasa,” lanjut dia.

Sekretaris Disdukcapil Kota Bekasi Ridwan menambahkan jadwal pemeliharaan jaringan, sistem, serta perangkat komputer akan dilaksanakan Jumat (6/9) mulai pukul 11.00 sampai Minggu (8/9). Sementara untuk MPP BTC Mall, Atrium Pondok Gede dan Gerai Pelayanan Publik (GPP) Plaza Cibubur, pelayanan tetap berlangsung seperti biasa.

“Edaran pemeliharaan jaringan sudah kami sebat sejak pagi,” pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT