05 September 2019, 21:57 WIB

Balikkan Keadaan, Malaysia Tekuk Indonesia 3-2


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Antara Foto/Hafidz Mubarak A
 Antara Foto/Hafidz Mubarak A
Pemain Timnas Indonesia Yustinus Paew (bawah) berusaha merebut bola dari pemain Timnas Malaysia Muhamad Nor Azam (kanan).

Indonesia harus mengakui keunggulan dari Malaysia di babak kualifikasi Piala Dunia 2020 setelah kalah 2-3. Sempat unggul di paruh pertama dengan skor 2-1, keunggulan tersebut tak bisa bertahan hingga akhir laga. Dua gol dicetak oleh Beto Goncalves. Sementara satu gol Malaysia itu disumbangkan Mohamadou Sumareh.

Babak pertama Indonesia langsung menekan. Peluang emas didapat Lilipaly setelah ia berhasil melewati hadangan bek Malaysia. Tinggal berhadapan dengan kiper, ia tidak bisa mengonversi peluang tersebut. Tendangannya menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Praktis itu adalah peluang emas terakhir Indonesia di laga kali ini. Hingga laga usai, Malaysia terus menggempur pertahanan Indonesia dengan skema serangan apik mampu menyulitkan Hansamu Yama cs. Dimotori pemain naturalisasi, Mohamadou Sumareh beberapa kali mengancam gawang Andritany.

Baca juga: Suporter Indonesia Lempar Bom Asap dan Botol ke Pendukung Lawan

Malaysia mampu menyamakan kedudukan melalui Syafiq Ahmad pada menit ke-66. Berawal dari kemelut di muka gawang dan bola sapuan tak sempurna berhasil dimanfaatkan menjadi umpan lambung ke kotak penalti. Safiq mampu menyambar umpan tersebut dan skor imbang 2-2.

Simon McMenemy kemudian menarik keluar Ricky Fajrin. Ruben Sanadi masuk untuk memperkuat sisi kiri pertahanan yang terus digempur Sumareh.

Malaysia mampu membalikkan keunggulan ketika memasuki waktu tambahan. Kelengahan pemain bertahan Indonesia dimanfaatkan pemain Malaysia. Umpan mendatar dari sisi kanan tak bisa dijangkau Andritany dan Hansamu Yama. Sumareh yang berdiri di dekat gawang langsung menyocol bola tersebut. Malaysia pun unggul 3-2. (R-3)

BERITA TERKAIT