05 September 2019, 10:05 WIB

Pemkot Bekasi Tambah Mal Pelayanan Publik


Gan/J-2 | Megapolitan

ANTARA FOTO/Risky Andrianto
 ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Petugas Badan Pendapatan Daerah di Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi, di Bekasi Trade Center, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019)

WARGA Kota Bekasi akan semakin dimanjakan dalam mengurus berbagai perizinan atau dokumen sejak Mall Pelayanan Publik (MPP) dipindah ke Bekasi Trade Center (BTC) di Jalan Joyomartono, Bekasi Timur. Awalnya MPP berlokasi di Pasar Proyek Bekasi Junction (PPBJ), Bekasi Timur, dan diresmikan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi pada 12 Februari 2018.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Lintong Ambarita mengakui lokasi awal MPP kurang representatif. "Mereka tidak bisa memenuhi sarana fasilitas seperti pendingin ruangan. Selain itu, tidak ada ruang lagi untuk menambah jenis layanan di sana," ungkap Lintong, Rabu (4/9).

Menurut Lintong, di PPBJ, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah bekerja sama kurang lebih dua tahun terakhir. Pada tahun pertama, pemkot mendapat bantuan CSR dengan digratiskan biaya sewa tempat. Lalu tahun kedua, pemkot mulai membayar uang sewa per bulan.

"Namun, mereka tidak bisa memenuhi perjanjian kerja sama terkait fasilitas. Jadi, kita putuskan pindah," jelasnya.

Di BTC, jenis layanan akan bertambah. Awalnya hanya 10 instansi dan 10 pelayanan. Kini menjadi 17 instansi dan 96 jenis layanan.

Berbagai instansi yang bergabung di MPP BTC, antara lain Polres Metro Kota Bekasi, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, Bank BJB, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pos, Bank BNI, Kantor Imigrasi, Telkom, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Selatan.

Pemkot Bekasi juga menganggap lokasi MPP baru representatif untuk menerapkan sistem perizinan online single submission (OSS).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan pelayanan publik di lokasi MPP yang baru akan semakin banyak. Tujuannya agar masyarakat yang berdomilisi di sekitar lokasi tak perlu lagi jauh-jauh datang ke lokasi.

"Tak perlu membuang waktu lama. Segala fasilitas yang nyaman akan dilayani dengan sepenuh hati di sini. Pemimpin harus berpikir taktis, harus membuat keputusan cepat dan sesuai aturan," kata Rahmat.

Jadi, setelah MPP BTC beroperasi sejak 4 September, Pemkot Bekasi akan menambah MPP lagi. Yang pertama di Atrium Plaza Pondokgede dan yang kedua di Plaza Cibubur, Jalan Transyogi, Bekasi. (Gan/J-2)

BERITA TERKAIT