04 September 2019, 15:15 WIB

Hancur Ditabrak Truk, Palang Besi GT Kalimalang Kembali Dipasang


Gana Buana | Megapolitan

Ist
 Ist
Gerbang Tol (GT) Kalimalang

PALANG pintu pembatas truk muatan di exit tol JORR Gerbang Tol (GT) Kalimalang dipasang kembali. Palang pintu tersebut sempat roboh lantaran ditabrak sebuah truk, Kamis (8/8) kemarin.

“Sudah kami pasang Selasa (3/9) kemarin pagi,” ungkap Kepala Seksi Lalu Lintas, Dishub Kota Bekas, Bambang N. Putra, Rabu (4/9).

Baca juga: Anies Tegaskan Revitalisasi Trotoar bukan Biang Kemacetan

Bambang menjelaskan, pemasangan konstruksi palang pintu dilakukan sama dengan palang sebelumnya. Bedanya, pemerintah menambahkan penerangan di kaki tiang palang agar terlihat saat malam hari. “Biar terlihat saat malam hari,” kata dia.

Sebelumnya, pemasangan palang besi penghalang truk sudah dilakukan pada Kamis (8/8) kemarin. Namun, baru satu hari dipasang, palang sudah rusak akibat ditabrak truk yang hendak melaju ke arah Jalan KH. Noer Ali dari Exit Tol JORR.

Bambang menjelaskan, tinggi palang diperkirakan mencapat 3,8 meter. Tujuan pemasangan palang adalah untuk membatasi truk muatan yang hendak melintas masuk ke Jalan KH. Noer Ali.

Sebab, jalan tersebut rusak parah akibat menjadi jalur alternatif truk muatan melaju menghindari kemacetan simpang susun Cikunir dan ruas Tol Jakarta-Cikampek.

“Sebelum pasang yang pertama sebenernya sudah kami lakukan sosialisasi. Kalau kedua ini masih juga ditabrak baru kita akan evaluasi, pihak Jasa Marga juga harus ikut andil nanti untuk pemecahan masalahnya,” imbuh dia.

Baca juga: Anies Sebut Putusan MA Soal PKL di Trotoar Kedaluwarsa

Suprana, seorang pengemudi truk muatan yang tengah melintas di Kalimalang mengaku sebetulnya terganggu dengan adanya palang besi tersebut. Namun, pihaknya tak bisa berbuat banyak sebab hal tersebut sudah menjadi kebijakan pemerintah setempat.

“Ya, kalau saya bawa muatan lebih banyak ngeri juga kesenggol, tapi apa boleh buat. Jangan lewat sini kalau muatan kira-kira lebih dari batas palang,” singkat dia. (OL-6)

BERITA TERKAIT