03 September 2019, 17:55 WIB

Korea Selatan Gelar Sekolah Perkeretaapian Indonesia di BPPT


mediaindoneasia.com | Ekonomi

Istimewa/BPPT
 Istimewa/BPPT
KOREA Rail Network Authority berkerja sama dengan Kotra (Korea Trade-Investment Promotion Agency) gelar Sekolah Perkeretaapian Indonesia.

ACARA ketiga sekolah perkeretaapian diadakan di auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Selasa (3/9).

Di acara ini, Korea Rail Network Authority (KRNA), berkerja sama dengan Kotra (Korea Trade-Investment Promotion Agency) enjadi tuan rumah untuk 40 pesera dari pemerintahan Indonesia, perusahaan Indonesia, dan perusahaan BUMN seperti Kementrian Perhubungan (MoT) dan BPPT.

Acara akan dilaksanakan selama tiga hari pada 3-5 September 2019, Acara kerja sama Indonesia dan Korea Selatan memiliki tujuan untuk membagikan pengalaman dari industri perkeretaapian Korea dan untuk mendorong kerja sama antarkedua negara untuk proyek yang akan datang seperti LRT dan proyek kerta api lainnya.

“Ini adalah kesempatan untuk lebih saling mengenal. Untuk contoh, membagikan teknologi terbaru, skema dari isu keuangan, dan lainnya,” kata Ann Seongseog, Manajer KRNA.

Acara berfokus pada jalur teknologi kereta api, lokalisasi bahan baku lintasan kereta, dan teknologi kereta tanpa masinis, yang penting untuk meningkatkan insfraktuktur di Indonesia.

Selain itu, proses trasfer pengetahuan juga bertujuan untuk mengatur keuangan dan segala kegiatan yang berhubungan dengan industri kereta api.

Di masa yang akan datang, Indonesia dan Korea akan melakukan kerja sama di beberapa proyek seperti LRT Jakarta, kereta api untuk Rahat-Tarahan, LRT Cibubur-Bogor, LRT Medan dan masih banyak lainnya.
 
Selain itu, KRNA dan Kotra engoperasikan 13 sekolah perkeretaapian di Vietnam, India,Thailand, Mongolia, bermula di Mesir pada tahun 2014, dengan tujuan untuk transfer teknologi kereta api yang unggul dan pengembangannya dari Korea.
 
Lee Joongyoon, Direktur Umum Kotra Jakarta, mengatakan, “Di masa yang akan datang, Kotra akan melanjutkan untuk mendorong kerjasama antara Indonesia dan Korea untuk kemitraan stratejik yang lebih dalam antara kedua negara.” (OL-09)

 

BERITA TERKAIT