03 September 2019, 10:45 WIB

Akan Dioperasi, Bolsonaro Absen di KTT Amazon


Marcheilla Ariesta | Internasional

AFP/EVARISTO SA
 AFP/EVARISTO SA
Presiden Brasil Jair Bolsonaro

PRESIDEN Brasil Jair Bolsonaro absen menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Regional mengenai hutan Amazon. Ia beralasan masih harus mempersiapkan diri untuk menjalani operasi bedah pekan depan.

Menurut keterangan juru bicara pemerintah Brasil Otavia Rego Barros, Bolsonaro harus melakukan diet cairan mulai Jumat (6/9). Itu merupakan hari yang sama dengan pelaksanaan KTT Amazon di Kolombia.

"Hal itulah yang membuat perjalanan (Bolsonaro) tidak memungkinkan," kata juru bicaranya, Otavio Rego Barros, dilansir dari AFP, Selasa (3/9).

"Brasil tengah mempertimbangkan mengirim pengganti atau meminta pertemuan ditunda," imbuh dia.

Baca juga: Berselisih dengan Prancis, Presiden Brasil Berhenti Gunakan Bic

Bolsonaro dijadwalkan menjalani operasi hernia insisional pada Minggu (8/9) mendatang. Ini merupakan operasi keempatnya setelah ditikam seseorang hampir setahun lalu saat masa kampanye presiden.

Dokter mengatakan presiden berhaluan sayap kanan tersebut perlu beristirahat selama 10 hari usai operasi.

Bolsonaro mendapat gelombang kritik internasional atas responsnya dalam mengatasi kebakaran di hutan hujan Amazon. Dia dikritik karena dianggap justru mendukung penggundulan hutan hujan tersebut.

Sebelumnya, dia berjanji mempertahankan kebijakan pemerintahannya atas Amazon kontroversial dalam Majelis Umum PBB bulan ini. Ia berjanji akan hadir, bahkan jika harus datang dengan menggunakan kursi roda.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan sangat prihatin atas kebakaran Amazon.

"Di tengah krisis iklim global, Amazon harus dilindungi," katanya di Twitter pekan lalu.

Angka resmi menunjukkan hampir 73.000 kebakaran hutan tercatat di Brasil dalam delapan bulan pertama 2019. Ini jumlah tertinggi sejak 2013, dan sebagian besar ada di Amazon. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT