01 September 2019, 13:30 WIB

Pemulangan Jemaah Haji Gelombang Satu dari Jeddah Berakhir


Sitria Hamid, Laporan dari Arab Saudi | Haji

JEMAAH haji Indonesia gelombang satu yang dipulangkan ke Tanah Air pada Minggu (1/9) dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah, merupakan kelompok terakhir yang dipulangkan dari bandara tersebut. Mereka adalah jemaah haji kelompok terbang (kloter) 15 Embarkasi Batam (BTH-15).

Kepala Seksi Kedatangan dan Keberangkatan Daker Bandara Jeddah-Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Cecep Nursyamsi, menyampaikan hal itu di Bandara Jeddah, Minggu (1/9).

"Pemulangan jemaah haji terakhir pada gelombang 1 (dari Bandara Jeddah), mereka diberangkatkan dari Mekah, Sabtu (31/8), diakhiri dari embarkasi BTH (Batam) 15," kata Cecep.

Menurut dia, jemaah haji BTH-15 yang kembali ke Tanah Air tercatat sebanyak 445 orang. Mereka diberangkatkan dari Mekah pada pukul 23.15 Waktu Arab Saudi, Sabtu (31/8).

Jemaah haji tiba di Jeddah pada pukul 01.15 Waktu Arab Saudi dan diterbangkan untuk kembali ke tanah air pada pukul 07.15 Waktu Arab Saudi, Minggu (1/9).

Cecep menyebutkan jemaah haji yang diberangkatkan dari Bandara Jeddah seluruhnya berjumlah 94.009 orang. Untuk pemulangan jemaah haji gelombang dua dilakukan dari Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah.

Baca juga: Jemaah Haji Gelombang Kedua di Madinah mulai Kembali ke Tanah Air

Sementara itu, Kepala Kloter BTH (Batam) 15, Husban, mengatakan sangat senang bisa kembali ke Indonesia seusai menunaikan ibadah haji.

Dia menyampaikan apresiasi atas pelayanan pemerintah terhadap seluruh jemaah haji yang menurutnya sangat baik di Tanah Suci.

"Kita merasa bahagia dilayani bahkan kami dilepas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Nizar Ali, beruntung sekali meski kami kloter terakhir. Tapi dapat pelayanan luar biasa dari rekan petugas di bandara dan mudah-mudahan berlanjut sampai Tanah Air," kata Husban.(OL-5)

BERITA TERKAIT