27 August 2019, 08:45 WIB

Demi Olimpiade, Tokyo Naikkan Tarif Jalan Tol


Antara | Olahraga

AFP/Kazuhiro NOGI
 AFP/Kazuhiro NOGI
Kendaraan melintas di bawah jalan tol Kota Tokyo

BERBAGAI upaya dilakukan Pemerintah Kota Tokyo, Jepang untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di kota tersebut saat berlangsungnya kejuaraan paling bergengsi di dunia, Olimpiade 2020.    

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menaikkan tarif jalan tol dalam kota sebesar 1.000 yen atau sekitar Rp135 ribu bagi kendaraan yang melintas pada pukul 6.00 hingga 22.00 saat Olimpiade dan Paralimpiade berlangsung, Juli-Agustus tahun depan.    

Pengecualian diberikan untuk bis, taksi, truk, dan kendaraan untuk keperluan penyandang disabititas yang sudah terdaftar, demikian diumumkan Pemerintah Kota Tokyo dan panitia penyelenggara Olimpaide Tokyo 2020 seperti dikutip Kyodo, Selasa (27/8).       

Kendaraan-kendaraan berat pengangkut logistik juga diimbau melintas pada tengah malam atau dinihari untuk menghindari kepadatan di jalanan Kota Tokyo.    

Baca juga: Jumlah Cabor PON Menyusut

Selain itu, sistem buka-tutup akan dilakukan pada sejumlah pintu tol.    

Dengan kebijakan itu, diperkirakan jarak tempuh dari perkampungan atlet ke stadion utama sejauh 18 kilometer yang biasanya memakan waktu 80 menit akan dapat dikurangi sekitar 20 menit.    

Sebelumnya, untuk memberi kenyamanan di jalanan kota selama Olimpiade, pemerintah kota Tokyo dan panitia Olimpiade juga membuat kebijakan, seperti mengimbau warga kota untuk bekerja dari rumah agar transportasi umum tidak terlalu padat. (OL-2)

BERITA TERKAIT