25 August 2019, 14:25 WIB

Anies Sebut Jakarta Simpul Persatuan Indonesia


Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan

Antara
 Antara
Ilustrasi

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutanya di pergelaran budaya dan festival kuliner yang digelar oleh Forum Pembauran Kebangsaan, Sabtu, (24/8) mengingatkan pentingnya persatuan di Indonesia. Dikatakanya, bahwa Jakarta merupakan kota tempat berlangsungnya simpul persatuan di Indonesia. Sebab Jakarta merupakan tempat berkumpulnya beragam suku dan etnis dari berbagai daerah.

"Kita rasakan betul, Jakarta jadi simpul. Kami berkali-kali katakan, perjalanan pembentukan negara, cikal-bakal ada di mana-mana, tapi ketemunya di Jakarta. Bangsa Indonesia dengan unsur variasi miliki latar berbeda-beda, tapi keunikannya bukan hanya keberagamannya. Yang  unik justru karena persatuan bangsa ini," kata Anies dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (25/8).

Oleh karenanya warga Jakarta yang terdiri dari bermacam budaya diminita untuk dapat terus menjadi perekat simpul persatuan bangsa.

"Yang harus kita dorong adalah persatuan hadir di Jakarta. Karena, bagaimanapun juga, persatuan di Jakarta telah bersenyawa dengan warganya. Inilah yang membuat kita unik,” imbuhnya.

baca juga: Lewat Samtama, Pemprov DKI Edukasi Waraga Kelola Sampah

Melalui Forum Pembauran Kebangsaan, Anies berharap warga Jakarta menjaga persatuan bangsa. Dia pun meminta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri mendukung forum ini. Anies berharap forum ini akan makin besar guna menjaga persatuan.

"Khusus buat forum pembauran kebangsaan, insyaAllah forum ini makin besar, nanti Kesbangpol ikut dukung dalam forum pembauran ini," ucapnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT