25 August 2019, 13:12 WIB

Lewat Samtama, Pemprov DKI Edukasi Waraga Kelola Sampah


Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan

MI/Bary Fathahilah.
 MI/Bary Fathahilah.
 Petugas UPK Badan Air Dinas Kebersihan DKI Jakarta membersihkan sampah Kali Sentiong yang berwarna hitam di Kelurahan Galur, Jakarta Pusat.

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih menyebutkan dalam wujud memberikan edukasi kepada warga Jakarta dala mengelola Sampah pihaknya meluncurkan program Samtama (Sampah Tanggung Jawab Bersama).

Program yang akan melibatkan tiap Rukun Warga (RW) di Jakarta tersebut, nantinya akan di edukasi bahwa sampah bukan hanya di buang melainkan dapat diolah kembali.

"Pemprov DKI Jakarta sedang menjalankan peran city 4.0 dengan menyediakan platform bagi warga agar bisa berperan membangun kota dan bergerak bersama. Merangkul PKK Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup menginisiasi gerakan Samtama sebagai langkah awal gerakan bersama mengelola sampah, " kata Andono di Balai Kota DKI, Jakarta, Sabtu, (24/8).

Ia menjelaskan, kegiatan Samtama terbagi menjadi dua bagian, yaitu Laskar Samtama dan Kampung Samtama.

Kampung Samtama merupakan inisiatif warga di tingkat RW untuk memperbaiki pengelolahan sampah dikampungnya, saat ini pihak Dinas Lingkingan Hidup ini telah menjaring 330 relawan di 22 RW di Jakarta.

Sementara, Laskar Samtama yakni warga yang mendaftar untuk menjadi relawan. Dinas Lingkungan Hidup sudah melakukan seleksi sebanyak 209 dari 429 orang. Ke 209 orang itu terdiri dari 185 relawan umum dan 24 relawan dokumentasi. Kegiatan Samtama juga melibatkan komunitas yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup, khususnya pengelolaan sampah. 

"Relawan Laskar Samtama nanti akan diajak ke TPST Bantargebang untuk melihat pengolahan sampah secara langsung, sekaligus untuk mengikuti sesi edukasi mengenai pengelolaan sampah," pungkasnya.

Ia pun berharap, program ini dapat menjadikan masyaraka Jakarta lebih peka dan bijak dalam mengambil keputusan yang berdampak pada kelestarian lingkungan khususnya sampah. (Rif/OL-09)

BERITA TERKAIT