22 August 2019, 21:00 WIB

UNJ Serahkan Nama Tiga Balon Rektor kepada Menristekdikti


Syarief Oebaidillah | Humaniora

MI/Rommy
 MI/Rommy
Ketua Senat UNJ, Prof Dr Hafid Abbas.

UNIVERSITAS Negeri Jakarta (UNJ) melalui Rapat Senat menetapkan tiga bakal calon (balon) Rektor UNJ periode 2019-2023.

"Ya, kita telah menyeleksi dan memilih 8 calon rektor menjadi tiga calon. Segera kami laporkan pada Menristekdikti (Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) untuk dipilih yang terbaik menjadi Rektor UNJ," kata Ketua Senat UNJ, Prof Dr Hafid Abbas, kepada wartawan usai acara penetapan pemilihan tiga balon rektor di Kampus UNJ, Jakarta, Kamis (22/8).

Menurut Hafid, diperkirakan dalam satu bulan ke depan, pihak Kemenristekdikti akan menetapkan tiga balon Rektor UNJ, karena mencakup penelitian terhadap balon oleh Badan Intelijen Negara, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan lain lain.

"Tiga calon harus bersih dari KKN juga indikasi berbahaya. Semoga mereka semuanya clear di mata Pak Menteri," imbuh Hafid yang juga mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia itu.


Baca juga: 4 Institusi Raih Penghargaan Inovasi Geospasial


Dia menambahkan, pihak Senat UNJ yang telah bekerja sama dengan KPK berharap Menristekdikti, yang memiliki hak 35% suara dapat memanfaatkannya dengan bijaksana tanpa ada penyalahgunaan suara dari pihak yang tidak bertanggung jawab untuk pemilihan Rektor UNJ.

"Apakah itu pihak partai politik atau pihak tertentu yang dapat mengganggu tradisi kampus yang baik," pungkasnya.

Adapun tiga balon rektor yang terpilih ialah Dr Komarudin, Wakil Rektor UNJ Bidang Keuangan, yang meraih 26 suara, diikuti Prof Dr Paulina Panen, Staf Ahli Menristekdikti Bidang Akademik dengan 18 suara serta Dr Sofia Hartat, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, dengan 18 suara. Adapun Prof Dr Endry Boeriswati hanya meraih satu suara.

Menurut Hafid, dari 67 anggota Senat UNJ hanya 63 yang memilih, sedangkan empat lainnya tidak memilih dengan alasan dua di antaranya sakit, satu orang abstain, serta satu orang izin berhalangan hadir. (OL-1)

BERITA TERKAIT