24 August 2019, 03:20 WIB

Fosil Monyet Terkecil Ditemukan di Hutan Amazon


(Sciencedaily/Rkp/L-2) | Weekend

BARU-BARU ini tim peneliti dari Universitas Duke dan Universitas Nasional Piura di Peru menemukan spesimen fosil monyet terkecil di hutan Amazon. Spesimen yang berupa gigi itu, oleh para peneliti, disebut spesies baru monyet yang tidak lebih berat daripada hamster.

Fosil spesies yang dinamai hewan Parvimico materdei ini digali di tepi sungai di sepanjang Rio Alto Madre de Dios di Peru Tenggara. Di tempat itu mereka menggali bongkahan batu pasir dan kerikil serta membawanya untuk direndam dalam air. Mereka kemudian menyaringnya untuk mendapatkan fosil gigi, rahang, dan fragmen tulang yang terkubur.

Tim mencari sekitar 2.000 pon sedimen yang mengandung ratusan fosil hewan pengerat, kelelawar, dan hewan lain sebelum mereka akhirnya melihat gigi monyet itu.

Penemuan fosil ini amat penting karena ahli paleontologi dapat mengetahui banyak hal dari gigi monyet, terutama geraham. Berdasarkan ukuran dan bentuk relatif gigi itu, para peneliti berpikir hewan itu kemungkinan makan buah-buahan dan serangga yang kaya energi serta memiliki berat sekitar 200 gram.

Peneliti Richard Kay, profesor antropologi evolusi, mengatakan sejauh ini, itu merupakan fosil monyet terkecil yang pernah ditemukan di seluruh dunia. (Sciencedaily/Rkp/L-2)

BERITA TERKAIT