23 August 2019, 21:00 WIB

Jumlah Cabang Olahraga di PON 2020 belum Jelas


Cahya Mulyana | Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjelaskan bahwa pihaknya masih terus mematangkan persiapan PON Papua 2020. Kesimpulan itu merupakan hasil rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut dia, pemerintah ingin memastikan ketersedian fasilitas utama perhelatan pesta olahraga nasional itu dan berbagai penunjangnya. Alhasil mereka belum menyentuh pada keputusan jumlah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan.

Baca juga: PON Papua Ajang Promosi Indonesia

"Tadi ratas lebih banyak membahas evaluasi persiapannya penyelenggaraan mulai infrastruktur, venue, wisma atlet hingga pergeseran atlet, maupun alat pertandingan, dan faktor-faktor lain. Itu semua sudah dilaporkan termasuk dari pemerintah daerah Papua (Lukas Enembe)," ujar Imam di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Jumat (23/8).

Menurut dia, pemerintah perlu pendapat menjelaskan pelaksanaan karena akan terjadi pergeseran atlet maupun masyarakat yang membutuhkan kecukupan infrastruktur. Sementara rapat tadi tidak membahas keamanan, namun lebih menyangkut persoalan teknis dan fasilitas.

"Maka perlu ada pendalaman lagi termasuk akomodasi, sebab belasan ribu orang nanti harus ada penginapan, butuh konsumsi, dan lainnya. Senin (26/8) akan saya laporkan lagi termasuk dari Ibu Menko PMK (Puan Maharani)," jelasnya.

Dengan pembahasan persiapan dan evaluasi belum tuntas, kata dia, pihaknya pun belum memutuskan jumlah cabor yang akan dipertandingkan.

"Untuk jumlah cabor belum diputuskan. Senin (26/8) saya akan jelaskan lebih detil lagi kepada Presiden," pungkasnya. (Cah/A-3)

BERITA TERKAIT