22 August 2019, 20:25 WIB

Ini Iklan Kreatif dan Lucu di Youtube


Tosiani | Weekend

dok. Youtube
 dok. Youtube
Iklan Ayu Galoyo di Youtube.

Sepanjang semester satu tahun 2019 ini ada 10 iklan terlucu versi Youtube. Iklan-iklan ini dinilai kreatif, humoris, dan memiliki figur pemeran utama yang kuat.

"Kami selalu terinspirasi dengan ide-ide kreatif yang ditampilkan dalam daftar 10 iklan yang kami rilis setiap enam bulan sekali," ujar Head of Large Customer Marketing Google Indonesia, Muril Makarim di Kawasan The Maj Senayan Jakarta, Rabu (21/8).

Ke-10 iklan itu shopee Men Sale - Pasti Ada, Gojek Indonesia - Jo&Jek#TrikNgetrip, imoo Indonesia - watch phone Z5, Smartfren - Anak dikutuk baik #KuotakanYang Baik, Toyota Indonesia New Avanza - Part Of Indonesia's Greatness, MyBabyID #MandiHappyMyBaby2.0, Pantene Indonesia #AkuPilihMaafIbu, Heinz ABC - Exploresep Eps.11 Makasar, Hansaplast Indonesia AyuGaloyo Eps 1 - Puasa Cari Jodoh#IniKoyoSaya, OPPO Indonesia # Hadiahdi561km Mini Series | Eps 1.

Sebenarnya iklan ini bisa dilewatkan penonton (skippable ads). Namun cerita yang disuguhkan menarik, sehingga penonton memutuskan menyaksikannya sampai tuntas.

Ishak Reza Creative Lead Google Indonesia memperkirakan konsumsi internet dari video akan meningkat hingga 82% di tahun 2021. Reza juga memprediksi 49% penjualan produk dari kreatif dan 36% dari media.

Selain itu sudah ada pergeseran medium media. Bila dulu orang menonton televisi, sekarang cukup di layar 3 inci. Bila dulu ada prime time, sekarang masyarakat bisa menentukan prime time mereka sendiri dan mencari konten yang mereka inginkan.

"Yang tidak berubah, semua iklan bisa di skip. Dengan demikian, menjadi begitu banyak pilihan namun yang dipilih makin sedikit. Jika produk bagus dan kreatif tentu sayang jika diskip. Agar penonton bertahan, maka menangkan perhatian penonton di tiga detik pertama. Ini untuk memastikan orang menonton. Hal ini yang dilakukan 10 brand iklan terpopuler itu,"katanya.

Ia menyontohkan iklan Hansaplas yang disaksikan 4,5juta penonton. Reza membayangkan videoa seorang anak jatuh dan diberi hansaplas atau orang pegal dan ditempel koyo. Namun konten iklannya berbeda, lucu, dan menarik perhatian.

Tessa Indira Putri, Brand Eksekutif Hansaplast, mengungkapkan iklan ini mengambil momen mudik yang identik dengan pegal dan loyo. Dibandingkan memilih pria sebagai pemeran utama iklan, mereka memilih merangkul para perempuan yang pegal saat mudik.

"Kami memakai orang biasa agar setelah lima detik di youtube tidak di skip karena Ayu Galoyo mukanya lucu banget sehingga tidak di skip. target kita untuk ingetin masyarakat kalau mudik tetap sedia hansaplas koyo yang kualitasnya terjaga dengan cerita lucu, dan orang mudah menangkap. Di youtube kita lebih memperhatikan alur cerita dengan cara lucu, iklan selama satu menit dan orang ngerti produk hansaplas koyo,"katanya. (M-3)

Baca juga : Saman dan Negeri 5 Menara Dilirik Penerbit Macedonia

 

BERITA TERKAIT