22 August 2019, 14:30 WIB

Trump Bela Kebijakan Perang Dagang dengan Tiongkok


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/JIM WATSON
 AFP/JIM WATSON
Presiden AS Donald Trump

PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump menyebut dirinya adalah 'Orang terpilih' saat membela kebijakan perang dagangnya dengan Tiongkok, Rabu (21/8).

Trump menuding para pendahulunya telah membiarkan AS dimanfaatkan oleh Tiongkok dalam urusan perdagangan dan hak intelektual. Karenanya, menjadi tugasnya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

"Ini bukanlah perang dagang saya. Ini adalah perang dagang yang seharusnya sudah terjadi sejak lama oleh banyak presiden lain," ujar Trump di Gedung Putih.

"Harus ada yang melakukannya dan saya adalah orang yang terpilih," imbuhnya sembari melihat ke angkasa.

Baca juga: Ditolak Denmark, Trump Meradang

Trump telah memberlakukan tarif terhadap produk Tiongkok senilai US$250 miliar dengan impor senilai US$300 miliar lainnya akan dikenai tarif dalam dua tahap yaitu pada 1 September dan 15 Desember.

Meski diperingatkan IMF bahwa perang dagangnya memperlambat pertumbuhan ekonomi global dan AS bergerak ke arah resesi, Trump tampaknya akan melanjutkan perang dagang dengan Tiongkok.

"Harus ada yang melakukannya sehingga saya berhadapan dengan Tiongkok. Saya berhadapan dengan Tiongkok dan saya menang," tegas Trump. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT