21 August 2019, 10:00 WIB

Ini Cara Deteksi Kebohongan


Thalatie K Yani | Weekend

123rf
 123rf
Gerakan kecil membuat kebohongan anda terungkap.

Saat orang berbohong kita bisa mendeteksi. Sejumlah tanda akan terlihat apakah pembicaraan yang disampaikan merupakan fakta benar atau hanya kebohongan belaka. Ada sembilan tanda yang bisa dilihat. Berikut sejumlah tanda yang bisa dilihat bila anda berbohong.

1. Jeda cukup lama
Berbohong sedikit kompleks untuk tubuh dan otak. Pertama otak memproduksi kebenaran yang ditekan untuk membuat kebohongan. Kondisi ini membuat jeda yang cukup lama sebelum menjawab atau menggunakan taktik mengulur waktu seperti 'Mengapa anda menanyakan hal itu?' dibandingkan merespon langsung.

2. Mata
MAnusia memiliki banyak ekspresi mata dibandingkan hewan. Mata kita akan mengungkapkan kalau kita menyembunyikan sesuatu. Ketika kita melihat ke kiri biasanya untuk mengingat kembali memori. Tapi ketika mata berputar ke kanan kita berpikir kreatif. Namun ketika merasa bersalah terkadang orang memutuskan kontak mata seperti melihat ke bawah atau menjauh.

3. Kehabisan nafas
Membelokan kebenaran menyebabkan respon stres instan pada kebanyakan orang. Mulut mengering, tubuh berkeringat, denyut nadi lebih cepat dan irama pernafasan berubah menjadi lebih pendek dan dangkal, terkadang bisa terdengar.

4. Kompensasi berlebihan
Ketika orang berbohong akan bertingkah berlebihan, baik cara berbicara dan gerak tubuh guna lebih meyakinkan. Seperti lebih banyak berkedip dan empati berlebihan.

5. Wajah Poker
Beberapa orang suka menggunakan wajah poker. Banyak yang beranggapan lebih sedikit dan hampir tertutup dalam gerakan dan kontak mata. Sehingga lebih ekonomis dengan kebenaran.

6. Menyembunyikan wajah
Ketika seseorang berbohong, mereka kerap menyembunyikan wajah mereka dari penonton atau pendengar. Bisa seperti menutup mulut dengan baik.

7. Sentuhan yang menenangkan diri
Stres dan ketidaknyamanan sering membuat gerakan untuk menghibur pembohong, seperti bergoyang, memegang rambut, atau memainkan cincin. Kita terkadang menggunakan gerak-gerik yang memberikan kenyamanan diri saat berbohong.

8. Gerakan mikro
ADa gerakan kecil atau ekspresi muka yang terlintas cepat ketika mereka sulit melakukan kebohongan. Para ahli terkadang merekam gerakan itu dan memutarkan ulang untuk melihat respon tubuh saat melakukan kebohongan. Saat yang tepat melihatnya saat setelah mereka selesai bicara, mungkin mulutnya agak miring atau memutar mata mereka.

9. Gerak tangan
Bagian tubuh yang paling sulit berbohong ialah tangan. Ketika berbohong, terkadang tidak selaras dengan gerak tubuh, terkadang tangan atau kaki mengungkapkan kebenaran itu. (Daily Mail/M-3)

BERITA TERKAIT