21 August 2019, 09:00 WIB

Facebook Pekerjakan Wartawan untuk Kurasi News Tab


Basuki Eka Purnama | Teknologi

AFP/Lionel BONAVENTURE
 AFP/Lionel BONAVENTURE
Logo Facebook

FACEBOOK, Selasa (20/8), mengonfirmasi rencana peluncuran News Tab baru yang akan diedit oleh wartawan berpengalaman beralih dari kebijakan lama yang mengizinkan algoritma mendikte berita yang dibagikan ke pengguna.

Tim wartawan itu akan memilih breaking news dan top news yang dianggap relevan.

Bagian lain dari tab tersebut akan menggantungkan diri pada algoritma untuk mengetahui ketertarikan pengguna berdasarkan sejumlah signal seperti page yang diikuti, interaksi di kanal berita atau pendaftaran terhadap berita daring.

"Tujuan kami dengan News Tab ini adalah memberikan pengalaman yang sangat personal dan relevan bagi para pengguna," ujar Kepala Kerja Sama Facebook Campbell Brown.

"Untuk bagian Top News di tab itu, kami mengumpulkan sekelompok kecil wartawan untuk memastikan kami menyoroti berita yang tepat," imbuhnya.

Baca juga: Twitter dan Facebook Tuding Pemerintah Tiongkok

Meski begitu, ungkap Brown, mayoritas yang dilihan para pengguna tetap akan diputuskan oleh software.

Tab baru ini akan dipisahkan dari news feed di Facebook yang menampilkan kabar dan konten dari teman-teman para pengguna.

Facebook telah meluncurkan sejumlah inisiatif untuk mendukung jurnalisme selama beberapa tahun terakhir saat media sosial mendapat tekanan untuk tidak menjadi alat untuk menyebarkan informasi palsu.

"Bekerja sama dengan industri berita untuk memastikan News Tab kami benar adalah target dan fokus kami pada tahun ini," cicit Brown pada awal bulan ini.

"Meski masih dini, kami mendapatkan banyak masukan berharga dari rekan-rekan kami. Saya yakin kami bisa memberikan pengguna Facebook berita yang berguna," imbuhnya.

Pada awal tahun ini, pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengatakan, "Saya ingin memastikan, sekuat mungkin, Facebook menghadirikan jurnalisme berkualitas." (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT