20 August 2019, 14:55 WIB

Puluhan Siswa Bekasi Keracunan Makanan dari Hadiah Lomba


Gana Buana | Megapolitan

MI/Bary Fathahilah
 MI/Bary Fathahilah
Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kampung Kebembem, Sukma jaya, Depok, Jawa Barat.

PULUHAN siswa sekolah swasta di Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur diduga mengalami keracunan makanan. Mereka diduga keracunan saat mengikuti perlombaan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Senin (19/8).

“Siswa itu memakan dari hasil hadiah yang didapat. Ternyata makanan itu sudah kadaluarsa,” ungkap Pelaksana Seksi Kefarmasian Alkes pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Rudi Hartono, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/8).

Rudi menuturkan, seluruh siswa mengikuti perlombaan yang diselenggarakan pihak sekolah. Pemenang, diberikan hadiah berupa makanan ringan seperti kacang.

“Diduga kacang yang dimakan tersebut sudah kedaluwarsa,” kata Rudi.

Sebetulnya, menurut Rudi, saat membeli pedagang makanan sudah memisahkan makanan kedaluwarsa tersebut. Namun, makanan kedaluwarsa tersebut tanpa sengaja yang terbawa utusan pembelian hadiah.

“Jadi ada komunikasi yang salah. Pihak sekolah malah mengambil kacang yang sudah dioisahkan oleh penjualnya,” papar Rudi.

Akibatnya, siswa yang mengonsumsi makanan hadiah tersebut mengalami gejala mual, pusing, dan muntah. Total siswa yang mengalami gejala serupa, jumlahnya menjadi 39 siswa.

“Mereka langsung dibawa ke Pukskesmas terlebih dahulu baru dilarikan ke RSUD,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya mengaku akan melakukan pembinaan kepada pedagang tersebut. Tujuannya agar segera memisahkan barang dagangannya yang sudah atau masuk kadaluarsa dan untuk dilakukan retur ke produsen makanan tersebut.

“Kami melakukan pembinaan kepada pedagangnya agar memisahkan makanan yang sudah kadaluarsa dan mengembalikannya ke produsen makanan tersebut,” jelas Rudi. (OL-09)

BERITA TERKAIT