20 August 2019, 14:31 WIB

Pemprov DKI Dukung Pergelaran JILF 2019


Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan

MI/Arya Manggala
 MI/Arya Manggala
GUbernur DKI Jakarta Anies Baswedan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung pergelaran Jakarta International Literary Festival (JILF) 2019. Kegiatan ini akan menghadirkan pelaku sastra dunia dan berlangsung mulai hari ini, Selasa (20/8) hingga Sabtu (24/8) di Taman Ismail Marzuki.

"Ini merupakan kehormatan bagi kami sebagai tuan rumah dan untuk mendukung Jakarta International Literary Festival pertama. Kegiatan ini sangat sesuai dengan visi kami," kata Anies dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (20/8).

Ia menjelaskan, kegiatan ini nantinya dapat memperlihatkan bahwa Jakarta bukan hanya kota dengan bangunan infrastruktur fisik saja.

"Kami ingin memandang kota ini bukan sekadar bangunan infrastruktur fisik. Sesuatu dikatakan sebagai kota karena orang-orang yang hidup di dalamnya membentuk kebudayaan, membentuk peradaban dan kami ingin melihat banyak dari bentuk kebudayaan maupun peradaban tersebut datang ke Jakarta. Jadi kami sangat senang menyambut kalian semua di pertemuan penting ini," jelasnya.

Baca juga: Lewat JILF 2019, Anies Berharap Lahir Sastrawan Berkelas Dunia

Ia pun berharap, rangkaian kegiatan JILF 2019 yang melibatkan beberapa pelaku sastra dunia ini dapat menjadi momentum bersama untuk menciptakan jejaring antarpenulis dan Jakarta.

"Kami berharap beberapa tempat bersejarah di kota ini akan mengajak kalian ke dalam perjalanan bagaimana Indonesia maupun kota Jakarta telah bertransformasi hingga sekarang. Kami berharap suatu hari kalian akan menulis tentang Jakarta, tentang pengalaman kalian dan kami akan sangat mengapresiasi saat kalian membagikan cerita kalian berkunjung ke Jakarta," ungkapnya.

Dapat diketahui, JILF 2019 mengangkat “Pagar” sebagai tema sentral untuk mencerminkan batasan-batasan yang semakin lebur akibat arus globalisasi yang menerpa dunia.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut akan diisi oleh berbagai kegiatan literasi antara lain konferensi, simposium, talkshow, malam membaca, lab ekosistem literasi, pameran serta penjualan buku.

JILF 2019 juga akan dimeriahkan para penulis dari berbagai belahan dunia, antara lain Legodle Seganabeng (Bosnawa), Oliver Precht (Jerman), Akhil Katyal (India), Amir Muhammad dan Faisal Tehrani (Malaysia), Shenaz Patel (Mauritius), Adania Shibli (Palestina), Aan Mansyur (Indonesia), dan masih banyak lainnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT