20 August 2019, 14:30 WIB

Ganjar Jamin Keselamatan dan Keamanan Warga Papua di Jawa Tengah


Akhmad Safuan | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjamin keselamatan dan keamanan seluruh warga Papua yang berada di wilayah Jawa Tengah (Jateng). Apalagi sebagian besar warga Papua  adalah para mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di sejumlah perguruan tinggi yang berada di Provinsi Jateng.

"Saya pastikan untuk memberi jaminan keselamatan dan keamanan bagi seluruh saudara  kita warga Papua yang berada di Jawa Tengah," kata Ganjar Pranowo Selasa (20/8).

Kepastian jaminan keselamatan dan keamanan warga Papua tersebut juga disampaikan Ganjar dengan Gubernur Papua Lukas Enembe melalui telepon. Ia juga menyampaikan hal tersebut kepada sejumlah tokoh dan mahasiswa dari Papua.

Selain langkah tersebut, Gubernur Jateng juga meminta warga Jawa Tengah untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa memperkeruh suasana dan
menjaga keamanan warga Papua termasuk para mahasiswa asal Papua.

"Mereka sedang menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi dan sekolah di Jateng, saya minta kepada warga Jateng jaga keamanan warga Papua agar tidak terganggu," ujar Ganjar.

Selain itu, Ganjar mengingatkan masyaarkat untuk tidak melontarkan pernyataan dan kalimat yang menyinggung perasaan dan memicu kemarahan termasuk di media sosial.

Ia mengaku khawatir pernyataan atau tulisan yang memicu kemarahan dimanfaatkan kelompok yang memiliki kepentingan tersebunyi. 

"Ini sangat merugikan bangsa Indonesia sendiri," tambah Ganjar. (OL-09)

 

BERITA TERKAIT