20 August 2019, 11:21 WIB

Perang Dagang Mereda, IHSG Diprediksi Menguat


Atalya Puspa | Ekonomi

ANTARA/Dhemas Reviyanto
 ANTARA/Dhemas Reviyanto
Pegawai mengamati layar pergerakan saham di Mandiri Sekuritas, Jakarta

INDEKS Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,14 poin atau 0,29% ke level 6.315,92 pada pembukaan perdagangan hari ini, Selasa (20/8). Sejalan dengan itu, indeks saham LQ45 juga naik 0,41% ke level 987,20.

Pada perdagangan hari ini, IHSG diprediksi bergerak di zona hijau. Pasalnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan sinyal dovish kepada Tiongkok terkait perang dagang.

"Pernyataan dovish Trump terhadap Tiongkok serta pemerintah AS yang setuju memperpanjang izin bagi Huawei untuk bekerja sama dengan perusahaan AS dapat menjadi salah satu katalis positif bagi bursa Asia hari ini," kata Analis dari Valbury Sekuritas Alfiansyah dalam riset hariannya, Selasa (20/8).

Baca juga: BRI Target Pertumbuhan Pembiayaan UMKM Hingga 80%

Dirinya melanjutkan, Trump menyatakan hubungan negaranya dengan Tiongkok dalam keadaan baik-baik. Bahkan menurut Trump, kedua negara sedang melakukan pembicaraan produktif.

Trump mengatakan keadaan ekonomi AS masih tetap stabil walaupun di tengah perang dagang. Bahkan Trump meyakini ekonomi AS akan semakin maju setelah kesepakatan dengan Tiongkok tercapai.

"Kendati sentimen positif dari dalam negeri minim, diperkirakan faktor eksternal tersebut bisa mendukung bagi IHSG ke zona hijau," tutup Alfiansyah. (OL-2)

BERITA TERKAIT