20 August 2019, 11:45 WIB

Trump Desak India dan Pakistan Redam Ketegangan di Kashmir


Tesa Oktiana Surbakti | Internasional

AFP/Nicholas Kamm
 AFP/Nicholas Kamm
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump menghubungi para pemimpin India dan Pakistan dengan tujuan meredam ketegangan terkait Kashmir yang melibatkan dua negara tetangga bersenjata nuklir itu. Trump juga membahas prospek peningkatan hubungan perdagangan.

"Baru saja berbicara dengan dua teman baik, yaitu Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi dan PM Pakistan Imran Khan. Kami membahas perdagangan, kemitraan strategis, dan yang paling penting, bagaimana India dan Pakistan bekerja sama mengurangi ketegangan di Kashmir. Memang situasi yang sulit, tapi pembicaraan berlangsung kondusif," cicit Trump melalui Twitter.

Hubungan antara Islamabad dan New Delhi semakin memanas. Situasi di wilayah yang telah lama diperebutkan kedua negara itu memanas menyusul kebijakan pemerintah India yang mencabut status khusus teritorialnya di Kashmir.

Pemerintah Pakistan merespons dengan kemarahan. Mulai dari memotong jalur transportasi dan perdagangan, hingga mengusir duta besar India.

Baca juga: Konflik Kashmir, India dan Pakistan Baku Tembak di Perbatasan

Kepada Trump, Modi berharap menteri perdagangan India dan perwakilan perdagangan AS dapat bertemu membahas perdagangan bilateral.

"Kedua pemimpin membahas upaya penguatan hubungan ekonomi AS-India, khususnya melalui perdagangan. Mereka berharap pertemuan bilateral dilakukan secepat mungkin," demikian pernyataan resmi Gedung Putih.

Selain itu, lanjut Gedung Putih, Trump menyoroti urgensi menurunkan ketegangan antara India dan Pakistan.

Para negosiator perdagangan AS dan India mengakhiri pembicaraan pada Juli lalu, tanpa membuat kemajuan besar. Terutama mengenai perang tarif dan langkah proteksionisme lainnya yang menegangkan hubungan bilateral.

Kedua pihak kembali melanjutkan negosiasi perdagangan, setelah Trump dan Modi bertemu di sela Konferensi Tingkat Tinggi (G20), dan sepakat memperkuat hubungan kedua negara.

Masih melalui pernyataan resmi, Gedung Putih menyebut Trump juga berbicara dengan pemimpin Pakistan, Khan. Mereka membahas langkah untuk menekan ketagangan dan retorika moderat dengan India terkait konflik Kashmir.

"Presiden (Trump) menegaskan pentingnya kedua pihak menahan diri dan menghindari eskalasi situasi," papar Gedung Putih, sekaligus menambahkan bahwa Trump dan Khan sepakat memperkuat kerja sama perdagangan dan ekonomi. (Channelnewsasia/OL-2)

BERITA TERKAIT