20 August 2019, 09:45 WIB

Anies Targetkan Gelar Formula E Lima Kali


Nur Azizah | Olahraga

AFP/David Dee Delgado/Getty Images
 AFP/David Dee Delgado/Getty Images
Balapan Formula E di New York, Amerika Serikat

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan bercita-cita Ibu Kota menjadi tuan rumah balap mobil elektrik atau Formula E selama lima tahun. Dia yakin nama Indonesia akan terangkat di kancah internasional.

"Kita ingin melakukannya, (membayar) commitment fee per tahun. Kita bisa mendapatkan lima tahun," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (19/8).

Anies ingin event itu dilakukan berulang agar investasi yang dibangun Jakarta berguna.

"Kalau kita menyelenggarakan satu kali, semua investasi yang kita ikutkan, semua investasi kita selesai," tutur Anies.

Formula E menelan anggaran tidak sedikit. Jakarta harus mengeluarkan uang setidaknya Rp1,5 triliun untuk pertandingan pertama.

Baca juga: DPRD: Anggaran Formula E Harus Dimaksimalkan

Rinciannya, Rp360 miliar untuk uang pendaftaran sebagai tuan rumah, dan Rp305 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan keperluan pertandingan lainnya.

Kemudian, Rp934 miliar untuk biaya penyelenggaraan dan asuransi Formula E. dengan 22 juta Pound sterling untuk penyelenggaraan dan 35 juta Euro untuk asuransi.

Anies menargetkan bisa meraup keuntungan Rp1,2 triliun dari penyelenggaraan internasional tersebut.

Menurut dia, yang paling penting nama Indonesia menjadi terpandang.

"Ini akan menggerakkan perekonomian pelaku industri. Mulai dari perhotelan, kuliner, sampai juga side event. bisa banyak sekali side event yang dihasilkan termasuk preevent. Dan efek dari dunia internasional yang tidak terukur itu juga terlihat besar," tutur dia. (OL-2)

BERITA TERKAIT