19 August 2019, 20:47 WIB

Wacana Bekasi Gabung Jakarta, Anies: Terserah Kemendagri


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Mitha Meinansi
 MI/Mitha Meinansi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengikuti keputusan pemerintah pusat terkait usulan Kota Bekasi yang ingin bergabung ke dalam Provinsi DKI Jakarta.

Menurutnya, terkait pemekaran daerah atau perpindahan administrasi kedaerahan menjadi wewenang pemerintah pusat khususnya Kementerian Dalam Negeri.

"Begini, kita adalah sebuah negara kesatuan. Pembagian wilayah adalah wewenang dari pemerintah pusat. Jadi secara prinsip Pemprov DKI kan memang harus mentaati keputusan pemerintah pusat. Jadi aspirasi itu kita menghargai dan biar berporses di pemerintah pusat. Karena prosesnya bukan antar wilayah," terangnya usai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (19/8).

Meskipun demikian, Anies menyebut selama ini DKI sudah bersinergi dan berintegrasi secara baik dengan daerah mitra yakni Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor, serta Tangerang Selatan.

"Memang secara ekonomi, kawasan Jakarta dan sekitarnya itu sudah terintegrasi secara ekonomi. Hanya secara administrasi pemerintahan yang berbeda," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendy mengungkapkan keinginan untuk bergabung menjadi salah satu daerah administrasi di bawah Provinsi DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan Rahmat yang akrab disapa Pepen kepada awak media yang menanyainya terkait ajakan Kota Bogor untuk membentuk provinsi baru bernama Bogor Raya dan keluar dari Provinsi Jawa Barat.(OL-4)

BERITA TERKAIT