19 August 2019, 07:45 WIB

Diwarnai Aksi Diam Pendukung Union, Leipzig Menang Telak


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

JULIAN Nagelsmann mengawali kiprahnya bersama RB Leipzig setelah mengantarkan klub itu menang telak 4-0 atas klub pendatang baru Bundesliga, Union Berlin, Minggu (18/8).

Leipzig, salah satu tim unggulan pada musim ini tanpa kesulitan tampil dominan di kandang Union.

Bagi Union, ini merupakan mereka kalah empat gol tanpa balas di kandang sendiri sejak November 2014 saat mereka kalah dari 1860 Muenchen.

Chrsitopher Nkunku yang didatangkan dari Paris Saint-Germain mencetak hanya dalam waktu tiga menit setelah dimainkan menggantikan Timo Werner yang juga mencetak gol. Gol Leipzig lainnya dicetak oleh Marcel Halstenberg dan Marcel Sabitzer.

Dalam laga itu, para pendukung Union memanfaatkan laga kandnag pertama mereka menggelar aksi diam selama 15 menit memprotes kepemilikan di RB Leipzig.

Para pendukung tuan rumah tidak bersuara selama 15 menit pertama laga di Stadion An der Alten Foersterei sebagai penolakan mereka atas cara pengelolaan Leipzig.

Baca juga: Dortmund Lumat Augsburg

Perusahaan minuman energi Red Bull menguasai penuh Leipzig, bertentangan dengan aturan di sepak bola Jerman bahwa kepemilikan klub adalah 50% + 1 dimiliki pemegang saham.

Ironisnya, tim tamu unggul hanya 57 detik setelah pendukung Union mulai bersuara lewat aksi Halstenberg.

Pelatih Leipzgi Nagelsmann mengaku mereka sudah siap menghadapi aksi diam itu dan memanfaatkannya untuk keuntungan mereka.

"Bagi pelatih, aksi diam ini tidak masalah. Saya malah bisa berkomunikasi dengan par apemain saya," ujar Nagelsmann.

"Namun, setelah 15 menit, atmosfer di sini sangat luar biasa. Saya berharap para pendukung Berlin bisa memberikan dukungan mereka sejak awal laga karena atmosfer di sini sangat hebat," imbuhnya.

Leipzig menggandakan keunggulan mereka 15 menit kemudian lewat aksi Sabitzer.

Werner kemudian membuat kedudukan menjadi 3-0 di menit 42 lewat tendangan kerasnya.

Gol yang dicetak Nkunku pada menit 69 membuat kedudukan menjadi 4-0. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT