18 August 2019, 18:55 WIB

Menkominfo Harap Unicorn Menjamur di Indonesia


Atalya Puspa | Ekonomi

Medcom/Bowo.
 Medcom/Bowo.
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. 

MENTERI Kominfo, Rudiantara, mengungkapkan pemerintah mendukung perkembangan startup di Indonesia lewat Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Pihaknya berharap, dengan program tersebut pada tahun-tahun yang akan datang, startup berlevel unicorn dan decacorn akan menjamur di Indonesia.

“Kalau pada kabinet yang akan datang ada wadah khusus ekonomi digital dan ekonomi kreatif, maka jumlah unicorn dan decacorn akan lebih banyak lagi di Indoensia,” kata Rudiantara di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/8).

Baca juga: JK ke Pengusaha Milenial: Jangan Banyak Teori, Langsung Praktek

Dirinya menjelaskan, program tersebut sudah ada sejak tahun 2016, dan telah ada 800 startup yang diinkubasi. Kini, program tersebut kembali digalakkan oleh pemerintah untuk terus menumbuhkan startup di Indonesia.

“Kita ingin memantik lebih banyak lagi startup. Jangan hanya berhenti di startup, kami juga memfasilitasi, mengakselerasi agar lebih banyak lagi unicorn di Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, mengungkapkan startup sebagai salah satu bagian dari ekonomi kreatif Indonesia memiliki sumbangsih yang tinggi dalam perekonomian Indonesia.

Untuk itu, pemerintah senantiasa mendukung kemajuan ekonomi kreatif dengan memberikan regulasi serta pendukung dari segi dana untuk mengakselerasi pertumbuhannya.

"Kontribusi ekonomi kreatif Indonesia pada tahun 2018 sebesar Rp1.105 triliun. Setiap tahun terjadi peningkatan nilai PDB minimal Rp100 triliun. Ini adalah potensi yang sangat luar biasa dan kita harap bisa terus tumbuh dan berakselerasi," ucapnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT