18 August 2019, 10:30 WIB

Liverpool Tampil Impresif, Klopp Senang


Cahya Mulyana | Sepak Bola

AFP/Glyn KIRK
 AFP/Glyn KIRK
Pelatih Liverpool Juergen Klopp

MANAJER Liverpool Juergen Klopp mengaku sangat bangga terhadap performa pasukannya yang kembali meraih kemenangan saat melawan Southampton di St. Mary's Stadium pada pekan kedua Liga Primer Inggris, Sabtu (17/8).

Si Merah membawa pulang tiga angka sehingga menduduki posisi pertama klasemen sementara dengan enam poin sementara Southampton terkunci di urutan 18 akibat belum mendapatkan satu poin pun.

Permainan Si Merah tetap terbuka dan agresif. Itu membuat Liverpool menguasai bola dengan persentase 63% berbanding 37% dan menorehkan 6 kali sepakan tepat ke gawang berbanding tiga kali.

Keunggulan Liverpool terjadi menjelang turun minum. Tepatnya pada menit ke 45, Sadio Mane mencetak gol usai mendapat umpan dari James Milner.

Kemudian Roberto Firmino menggenapkan keunggulan sekaligus mengunci kemenangan Liverpool setelah mendapatkan sodoran bola matang dari Mane pada menit ke 71.

Baca juga: Emery Puji Trio Pemain Anyar Arsenal

Tuan rumah hanya bisa memperkecil kekalahan lewat gol dari mantan pemain Liverpool Danny Ings, tujuh menit menjelang laga usai setelah mendapatkan bola liar dari kiper the Reds, Adrian San Miguel.

Namun gol semata wayang Southampton tidak menganggu rasa bangga Klopp atas kualitas permainan anak-anak asuhnya yang menghasilkan tiga angka untuk kali kedua.

"Southampton adalah tim yang bagus. Mereka bertahan dengan baik dan memiliki serangan balik yang bagus serta organisasi yang baik. Itu tidak ada hubungannya dengan pertandingan di pertengahan pekan. Jika kami datang ke sini dengan persiapan dua minggu, itu akan sulit," terang Klopp dilansir dari AFP, Minggu (18/8).

Klopp mengaku sangat menyukai permainan agresif yang perlahan menjadi karakter timnya. Kemudian kualitas permainan pasukannya sama sekali tidak terganggu oleh padatnya jadwal dan tidak ada permainnya yang terlihat kelelahan walaupun dua hari sebelumnya harus berduel dengan Chelsea di Piala Super Eropa.

"Saya benar-benar terkesan dengan betapa segar penampilan kami, terutama pada awalnya dan betapa baiknya kami," jelasnya.

Ia menilai para pemain Liverpool bisa mengontrol pertandingan atas tuan rumah dan gol yang dicetak Mane menjadi modal untuk memenangkan laga di babak kedua.

Klopp juga tidak mempersoalkan blunder yang dilakukan Adrian karena kejadian itu kerap melanda penjaga gawang terlebih kiper asal Spanyol itu dalam kondisi cedera.

"Pada menit ke-83, Adrian berpikir dirinya bermain sangat baik jadi mungkin saya harus membuat kesalahan yang sama seperti yang dilakukan Alisson (musim lalu) dan memberi ruang bagi lawan. Jelas itu adalah masalah kiper di Liverpool tapi tidak masalah selama kami memenangkan pertandingan," pungkasnya.

Adrian masih mengalami cedera pergelangan kaki namun Klopp tetap menurunkannya karena kiper utama Alisson masih dalam pemulihan.

Klopp enggan mengambil resiko lebih buruk dengan memasang kiper ketiga maupun keempat dalam usaha mewujudkan target memenangkan Liga Primer Inggris musim ini. (OL-2)

BERITA TERKAIT