17 August 2019, 13:19 WIB

Tema HUT Kemerdekaan Gambarkan Pemerintahan Jokowi Periode Kedua


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Paskibraka Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi 

TEMA HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini mengangkat tema SDM Unggul Indonesia Maju. Presiden Joko Widodo mengatakan, tema tersebut sengaja diambil untuk menggambarkan pemerintahan lima tahun ke depan.

"Sudah kami sampaikan bahwa dalam periode yang kedua ini, lima tahun ke depan kita akan fokus, konstenstrasi ke pembangunan manusia, pembangunan SDM (sumber daya manusia), pembangunan sumber daya manusia," kata Jokowi ditemui saat Perayaan HUT RI ke-74 di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (17/8).

Pembangunan SDM itu, kata Jokowi dimulai dari bayi di dalam kandungan yang harus diperhatikan dalan hal nutrisi dan gizi.

"Tapi yang paling penting sejak awal harus dibangun dan dibentuk karakter. Sebab itu budi pekerti menjadi sesuatu yang sangat penting sekali yang berkaitan dengan etika, disiplin, dan tanggung jawab," jelasnya.

Dia menyebut, budaya kerja dan kemandirian harus dibangun sejak awal. Setelah itu, pemerintah menyiapkan kemampuan di masa kini dan masa depan.

baca juga: Pemindahan Ibukota Akan Berdampak Pada Pemerataan Ekonomi

"Ini penting sekali harus jelas sekarang anak masuk pendidikan menengah, apakah masuk ke kejuruan atau keilmuan, itu yang harus kita tata agar bisa dicapai. Dan kalau sudah di perguruan tinggi target kita adalah mereka bisa berkompetisi di regional dan global. Itu di universitas stepnya harus jelas," tegas Jokowi. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT