17 August 2019, 05:40 WIB

17 Pekerja Hilang Tertimbun Longsor di Tiongkok


Fajar Nugraha | Internasional

 Foto: AFP.
  Foto: AFP.
Longsor yang menimpa pekerja kereta di Tiongkok. 

SEBANYAK 17 pekerja masih hilang pada Jumat setelah tanah longsor di barat daya Tiongkok mengubur bagian kereta api yang sedang diperbaiki.
 
Mereka yang dilaporkan hilang sedang melakukan pekerjaan pemeliharaan di lintasan Rabu ketika bukit di atas mereka mengalami longsor.
 
Seorang saksi mata mengatakan, tanah longsor di daerah Ganluo di Provinsi Sichuan terjadi dengan sangat cepat.

"Saya melihat gerakan aneh di lereng gunung setelah sebuah truk lewat. Dan saya berteriak, menyuruh semua orang untuk melarikan diri," kata Chen Kun, seorang pejabat dari Kelompok Kereta Chengdu, kepada China Daily, yang dikutip Jumat, 16 Agustus 2019.
 
"Batu dan lumpur jatuh dalam dua atau tiga detik, ketika kami berlari, kami bisa merasakan batu mengejar kami," imbuh Chen.
 
Operasi penyelamatan sedang berlangsung dengan 11 pekerja ditarik dari puing-puing yang mengubur 70 meter. Daerah itu telah dilanda beberapa tanah longsor musim panas ini saat hujan besar menyebabkan bukit-bukit di wilayah pegunungan itu runtuh.
 
Di tempat lain di Tiongkok musim panas yang basah telah merenggut nyawa. Pekan lalu setidaknya 18 orang tewas dalam tanah longsor yang dipicu oleh hujan deras di kota pantai Wenzhou saat Topan Lekima menggempur kota-kota di sepanjang pesisir timur TIongkok.
 
Pada Juli, setidaknya 42 orang tewas dalam tanah longsor yang mengubur sebuah desa di Provinsi Guizhou, dengan semburan lumpur tebal mengubur 22 rumah.(MEDCOM/OL-09)

BERITA TERKAIT