16 August 2019, 22:32 WIB

Upaya Memajukan Desa dan kelurahan Lewat Dana Desa dan Kelurahan


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

AMANAT Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa untuk memajukan desa dan kelurahan di Indonesia terus diupayakan oleh Kementerian Dalam negeri.

Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan, upaya tersebut tercermin dari pengalokasian Dana Desa dan Dana Kelurahan yang jumlahnya terus meningkay tiap tahunnya.

Pada  2019, dana desa dialokasikan sebesar Rp 72 triliun, jumlah ini terus meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sementara untuk dana kelurahan, pada tahun 2019 telah disalurkan sebesar Rp3 triliun.

Baca juga : Dana Desa Dialokasikan Sebesar Rp 72 Triliun pada 2020

“Hal ini adalah wujud komitmen pemerintah di dalam memajukan desa dan kelurahan,” ucap Hadi dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (16/8).

Hadi mengungkapkan pada tanggal 28 Mei 2019, Indonesia berhasil meningkatkan daya saing dari peringkat 41 menjadi 32. Salah satu faktor yang telah berkontribusi dalam kemajuan daya saing Indonesia terletak pada sinergi Pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan.

“Oleh karena itu, marilah kita semua memberikan peran penting dalam pencapaian peningkatan daya saing,” ujarnya.

Salah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing adalah diperlukannya data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan pada tingkatan desa dan kelurahan.

“Saya yakin data dan profil desa dan kelurahan yang valid dan dapat dipertanggungjwabkan akan mampu mengakselerasi dan memperkuat pencapaian daya saing Indonesia,” kata Hadi. (OL-7)

BERITA TERKAIT