17 August 2019, 10:50 WIB

Bangun Pagi Bagus untuk Kesehatan Mental


Galih Agus Saputra | Weekend

123rf
 123rf
Manfaat perbaikan kesehatan mental bisa didapatkan bagi mereka yang bangun dini hari.

Anda punya kebiasaan bangun pagi hari? Ternyata ada banyak manfaatnya bagi diri anda.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan mereka yang bangun terlalu pagi (pukul 01.00 - 05.30) mendapatkan sejumlah manfaat dan keuntungan. Bukan hanya kesehatan, juga perbaikan mental. Louis Ptácek, profesor neurologi di University of California, San Francisco telah mengamati hal tersebut selama 20 tahun belakangan. Ia bahkan telah bertemu dengan orang-orang yang menjalani rutinitas demikian.

Salah seorang perempuan yang ditemuinya mengatakan bangun jam 1 atau 2 pagi, akan menghasilkan suasana sedih dan kesepian. Dia menjadi depresi, dan kadang-kadang terlalu vakum karena tidak memiliki kegiatan untuk mengisi waktu luang. Namun bagi yang lain, waktu sepagi itu sangat dihargai, bahkan dipenuhi kegiatan untuk meningkatkan kualitas diri, seperti olahraga dan meditasi.

Aktor, Mark Wahlberg bahkan sempat memancing kegembiraan lewat media daring beberapa tahun lalu. Dia mengaku bangun pukul 2.30 pagi untuk berdoa dan berolahraga. Dalam sebuah wawancara, Penyanyi, Belinda Carlisle juga mengungkapkan selalu bangun pukul 4 pagi.

“Minum kopi, kemudian memakai aplikasi Audible saya untuk mendengarkan guru spiritual yang hebat," tuturnya, seperti dilansir The Guardian.

CEO sebuah pusat kebugaran, Humphrey Cobbold juga mengatakan ia kerap mendapatkan 50 hingga 60 pelanggan sekitar pukul 02:00 hingga 06:00. Beberapa di antaranya adalah pekerja shift malam. Namun banyak juga yang sengaja mengatur jadwal bangunnya lebih awal karena tidak dapat mengginggalkan pekerjaan.

"Mereka biasanya orang yang bekerja di kantor yang sibuk. Mereka berolahraga, sarapan, dan kemudian harus tiba di meja kerjanya pada pukul 7 pagi,” tuturnya

Apa pun yang sudah melebihi pukul 6 pagi ‘adalah kebohongan’. Pernyataan ekstrem itu keluar dari seorang konsultan bisnis dan penulis, Erica Wolfe-Murray. Dia sendiri bangun sekitar pukul 4.45 pagi, dan mulai menyelesaikan banyak hal. Ia mengaku mendapat kejernihan pikiran pada jam tersebut, di samping juga memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan di pagi hari. (M-3)

BERITA TERKAIT