16 August 2019, 15:14 WIB

Kemarau Pengaruhi Peningkatan Harga Sembako di Palangka Raya


Surya Sriyanti | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi 

SEJUMLAH harga pangan di Kota Palangka Raya mulai meningkat sejak beberapa hari lalu (9/8). Pemicunya diduga akibat gangguan produksi karena musim kemarau. Sekarang ini sejumlah sembako yang mulai mengalami peningkatan antara lain beras ,daging ayam, bawang merah dan cabai rawit.

Deputi Kepala Perwakilan BI  Kalteng Setian, mengatakan hal itu di Palangka Raya,Jumat (16/8). Dikatakannya, adanya tren kenaikan harga komoditas seperti cabai merah seiring dengan tren penggerakan harga nasional.

"Karena sebagian besar kebutuhan sembako untuk masyarakat  Palangka Raya didatangkan dari Pulau Jawa, maka untuk harga mau tak mau  mengikuti harga mereka dan kondisi disana apakah gagal panen apa tidak," jelasnya.

baca juga: Titik Api di Kalsel Bertambah, BNPB Tambah Helikopter

Berdasarkan pantauan di Pasar Besar di Palangka Raya (16/8) harga ayam potong dari Rp37.500 naik menjadi Rp38.000 per kg, bawang merah dari Rp29.000 naik menjadi Rp30.750 per kg, cabai rawit dari Rp73.000 menjadi Rp74.000 per kg, dan beras dari Rp 13.600 menjadi Rp14.000 per kg. Rahmawati, pedagang bawang merah di Pasar Besar Palangka Raya mengatakan sudah beberapa hari ini harga bawang merah naik.

"Musim kemarau di Jawa maka hasil petani di sana banyak yang gagal. Makanya harga bawang merah naik," jelasnya.

Menurutnya kemarau masih lama dan ada kemungkinan harga bawang akan terus meningkat. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT