16 August 2019, 15:01 WIB

PDIP Jamin Amendemen tak Ubah Mekanisme Pilpres


Putra Ananda | Politik dan Hukum

MI/Rommy Pujianto
 MI/Rommy Pujianto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto 

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristianto, menjamin rencana partainya melakukan amendemen terbatas UUD 45 tidak akan mengubah mekanisme Pemilu Presiden (Pilpres) dari langsung menjadi tidak langsung.

"Amendemen terbatas tidak masuk dalam ranah Pemilu Presiden secara langsung oleh rakyat," tutur Hasto saat ditemui di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8).

Baca juga: Akbar Tanjung Pertanyakan Relevansi 10 Pimpinan MPR

Hasto menyebut, amendemen terbatas dilakukan untuk memberikan garis haluan bagi Indonesia dalam menatap masa depan dengan baik serta mensinergikan keseluruhan kerja lembaga negara.

Lebih lanjut kata dia, ada persepsi yang salah tentang rencana pemberlakuan amendemen terbatas UUD 45 yang seolah-olah akan mengubah mekanisme Pilpres. Sejatinya, PDIP menjamin bahwa Pilpres tetap akan dijalankan sesuai kedualatan rakyat.

"Semangat ini kita perlukan. Tidak pengaruhi Pilpres ke depan karena seluruh kerja sama yang dilakukan termasuk dengan presiden didesikasikan sesuai dengan haluan negara kita," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT