16 August 2019, 13:30 WIB

Aspataki Dukung Hanif Jadi Menteri Tenaga Kerja Lagi


Ahmad Fauzi | Ekonomi

Antara/Dhemas Reviyanto
 Antara/Dhemas Reviyanto
Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri (tengah) bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR. 

JELANG pembentukan kabinet baru pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin,  Menteri Tenaga Kerja, M Hanif Dhakiri, mendapat dukungan untuk kembali menjabat di periode 2019-2024. Dukungan itu diberikan oleh Dewan pimpinan pusat Asosiasi Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (Aspataki).

Aspataki menilai selama kepemimpinannya, Menteri Hanif Dhakiri memiliki banyak muncul ide-ide kreatif yang mendorong skil pekerja usia milenial. Terkait hal tersebut, pihak Aspataki telah menyerahkan surat kepada Presiden Jokowi.

"Hasil rakernas DPP Aspataki di Yogyakarta pada 7-8 Agustus mendukung kembali Pak Hanif untuk kembali menjadi menteri tenaga kerja RI," Kata Ketua Umum Aspataki, Saiful Mashud, dalam keterangan persnya, Jumat (16/8).

Menurut Saiful, Hanif dinilai ramah, cerdas dan lincah dalam melaksanakan tugas-tugas ketenagakerjaan. Hanif juga dinilai ikut mengawal lahirnya UU No 18 Tahun 2017 yang siap dilaksanakan secara keseluruhan pada 22 November 2019.

"Undang-Undang 18 Tahun 2017 sangat berbeda jauh dengan UU 30 Tahun 2004, yaitu peran pemerintah daerah yang sangat besar untuk menyiapkan pekerja migran Indonesia (PMI) kompeten sebelum bekerja ke luar negeri," ujarnya.

"Bahwa akan tetapi apabila Pak Hanif Dhakiri oleh Presiden dibutuhkan di Intansi lainya maka sepenuhnya kami mendukung keputusan Bapak Presiden juga Bapak M Hanif Dhakiri," tegasnya.(OL-09)

BERITA TERKAIT