16 August 2019, 13:01 WIB

Delta Soap, Merek Nigeria dengan Pengaruh Indonesia


Media Indonesia | HUT RI

MI/BARY FATHAHILAH
 MI/BARY FATHAHILAH
Direktur Pengembangan Bisnis Orange Group Ernest Ezenna.

SEBAGIAN orang berasumsi bahwa merek sabun obat yang populer dijual di Afrika Barat berasal dari Asia Tenggara. Nyatanya hal itu tak terjadi pada Delta Soap, merek sabun obat terkemuka yang dimiliki Orange Group, kelompok fast moving consumer goods (FMCG) yang sangat beragam di Afrika Barat.

Dengan strategi menggali bahan sabun secara kompetitif dari Malaysia atau Indonesia, serta keunggulan komparatif global dalam memproduksi produk berbasis kelapa sawit seperti sabun mandi, Orange Group sukses menjual produk di kawasan Afrika Barat.

Direktur Pengembangan Bisnis Orange Group Ernest Ezenna menyampaikan, Orange Group yang didirikan pengusaha Nigeria, Sir Anthony Ezenna, mulai bergerak dalam bidang bisnis farmasi sejak 1988. Produk mereka terutama dijual di Nigeria dan Ghana dan kini seluruh penjuru Afrika Barat. Sekarang ini perusahaan berfokus pada empat segmen utama, yakni industrial farmasi, minuman, perawatan pribadi, dan penerangan.

“Beberapa bisnis keluarga terbesar di Indonesia merupakan mitra kami, termasuk Kalbe Farma, serta Tempo Scan Pacific, Dexa Medica, dan Mensa Group,” ungkap Ezenna yang juga tim manajemen keluarga Ezenna generasi kedua di Jakarta, baru-baru ini.

Dari kerja sama mitra itu, Orange Group banyak belajar bagaimana cara bersaing di pasar konsumen yang dinamis di Asia Tenggara. Hal itu lalu diterapkan pada peluncuran Delta Soap di Nigeria pada 1994. Delta Soap menjadi alternatif produk yang harganya lebih terjangkau dari Dettol.

“Berbagai kerja sama ini membuat kami berpengalaman menyediakan produk bermutu tinggi, yang membuat kami berbeda dengan merek pesaing,” papar Ezenna. Ini seperti dilakukan di ulang tahun ke-25 produksi Delta Soap. Delta Soap melakukan rebranding dengan mengubah kemasan serta formula produk sambil memperkenalkan ke segmen pasar anak muda.

Manajemen baru yang dipimpin anggota keluarga Ezenna generasi kedua mengadopsi pendekatan ‘kembali ke inti’ dalam penjualan dan pemasaran. Tim memutuskan meluncurkan sabun Delta baru dengan tampilan dan bentuk modern, serta kembali ke formula asli berbasis kelapa sawit.

Kampanye branding sukses dan Delta Soap kini terus jadi pemimpin pasar pada segmen sabun obat di Afrika Barat. Pada 2007 misalnya, Delta Soap mampu merealisasikan penjualan sebesar US$12 juta selama setahun.

Siap bermitra
Saat ini Orange Group mendukung beberapa perusahaan Indonesia yang mau ekspansi di pasar Afrika. Mereka siap membantu perusahaan di Tanah Air yang ingin memperluas sayap bisnis mereka ke Nigeria, bahkan ke Benua Afrika.

Apalagi, Nigeria memiliki pangsa pasar besar serta potensial. Nigeria kini memiliki populasi sekitar 200 juta jiwa atau terbesar di Afrika. Penduduk Nigeria bahkan diproyeksikan meningkat menjadi 260 juta jiwa pada 2030 dan 400 juta jiwa pada 2050, sehingga dapat menjadi negara berpenduduk terbesar ketiga di dunia.

“Khusus Indonesia, Orange Group siap mengakomodasi investor lokal yang ingin mengembangkan bisnis ke Nigeria, bahkan Afrika Barat. Kami akan membantu masalah registrasi, serta menjadi mitra penjulan, distribusi, dan marketing produk,” pungkas Ezenna. (Hym/S5-25)

BERITA TERKAIT