16 August 2019, 09:55 WIB

Kolaborasi Antarlembaga Wajib Dilakukan


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

MI/SUSANTO
 MI/SUSANTO
Suasana pidato kenegaraan di Gedung Nusantara, Jakarta 16 Agustus 2018 

PRESIDEN Republik Indonesia Joko Widodo menekankan pentingnya kolaborasi antarkementerian/lembaga untuk bisa terus bergerak maju menuju masa depan yang lebih baik. Di zaman perubahan seperti saat ini, tantangan pasti datang silih berganti. Maka dari itu, ego lembaga harus diruntuhkan sehingga karya-karya baru dapat diciptakan bersama sama.

"Ego sektoral yang terkotak-kotak sudah tidak relevan lagi dan harus ditinggalkan. Kolaborasi dan sinergi antarlembaga harus ditingkatkan," ujar Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR-RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Indonesia, tegasnya, butuh terobosan-terobosan baru untuk menjawab harapan rakyat yang semakin meningkat. Lompatan-lompatan kemajuan, Karya-karya nyata wajib dimunculkan untuk meningkatkan kepercayaan dan kecintaan rakyat.

"Untuk mewujudkan itu, kita tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri. Pencapaian visi besar harus kita percepat. Tidak ada jalan lain bagi kita semua, selain meninggalkan cara-cara lama dan beradaptasi dengan cara-cara baru," lanjut Presiden.

baca juga: Komposisi Kabinet Dinilai Menjanjikan

Ia optimistis, Indonesia yang nyaman, sejahtera, adil dan makmur, Indonesia yang dihormati dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia akan terwujud jika seluruh lembaga berada dalam bingkai visi yang sama.

"Di era ini, kita harus berani menerima era keterbukaan sejagad. Akan tetapi, kita tidak boleh kehilangan. persatuan dan persaudaraan. Kita harus berada dalam bingkai yang sama, satu visi besar Indonesia Maju," ucapnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT