15 August 2019, 23:51 WIB

FIFA Sanksi Seumur Hidup Eks Bos Sepak Bola Bolivia


Ghani Nurcahyadi | Sepak Bola

AFP/handout US DIstrict Court
 AFP/handout US DIstrict Court
Romer Osuna

FEDERASI Sepak bola dunia menjatuhkan sanksi seumur hidup dilarang berinteraksi di dunai sepak bola profesional bagi mantan bendahara Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan Commebol Romer Osuna.

Osuna yang juga pernah memimpin Asosiasi Sepak Bola Bolivia (FBF) merupakan salah satu dari sejumlah petinggi Commebol yang didakwa melakukan korupsi pada 2015 yang kemudian memicu reformasi di tubuh FIFA/

Badan Ajudikasi FIFA yang membentuk komite etik independen dalam putusannya menyebutkan, sanksi itu dijatuhkan setelah serangkaian investigasi yang dilakukan pada dugaan suap yang terjadi pada 2012 hingga 2015.

Baca juga : Banyak Ditentang, UEFA Tunda Rapat Reformasi Liga Champions

Osuna dituduh memberikan kontrak kepada sejumlah perusahaan untuk menangani media dan hak pemasaran terhadap sejumlah ajang yang dilangsungkan Commebol.

"Badan Ajudikasi menemukan bahwa Osuna telah melanggar pasal 27 kode etik FIFA dan sebagai hasilnya ia dihukum seumur hidup tak boleh bersentuhan dengan sepak bola profesional," kata pernyataan FIFA.

Selain sanksi itu, Suna juga dikenai denda sebesar 1 juta dolar Amerika Serikat (Rp14 miliar). Osuna kini sedang bekerja sama dengan penyidik untuk mengungkap kejahatan lebih besar di dunia sepak bola. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT