15 August 2019, 22:55 WIB

Tingkatkan Literasi, PT KMI Gelar Diklat Menulis di Bontang


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

Dok. Kaltim Methanol Industri
 Dok. Kaltim Methanol Industri
pelatihan menulis untuk guru di Bontang

PT. Kaltim Methanol Industri bersama dengan Komunitas Yuk Belajar, Dinas Pendidikan Kota Bontang, Kalimantan Timur, dan PKPU Human Initiative menggelar pelatihan menulis bagi guru jenjang SD dan SMP di Bontang, Kaltim, Kamis (15/8).

Kegiatan bertajuk Menulis Bersama Guru Bontang itu memberikan pelatihan kepada 40 guru SD dan SMP dengan menghadirkan Pemimpin Redaksi Majalah Candra Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Yogyakarta YB Margantoro sebagai narasumber.

Pembukaan pelatihan itu dihadiri oleh jajaran direksi PT Kaltim Methanol Industri, limpinan Dinas Pendidikan Kota Bontang, dan Kepala-kepala Sekolah SD dan SMP di Kota Bontang.

General Affair Director PT. KMI Agus Priyatno memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi aktif guru-guru di Bontang yang telah mengikuti pelatihan bersama dengan PT KMI sampai dengan angkatan ketiga ini.

"Pentingnya kompetensi menulis untuk dikuasai oleh seorang guru pada era digital ini karena kemampuan dan kompetensi seseorang dapat diketahui dari kualitas tulisannya," katanya dalam keterangan tertulis.

Baca juga : PT. KMI Ajak Juara Kompetisi Bahasa Inggris ke Singapura

Ia mencontohkan di universitas-universitas tersohor seperti Harvard University, mensyaratkan tes menulis esai sebagai calon mahasiswanya, bukan lagi tes potensi akademik seperti di Indonesia.

Oleh Agus berpesan agar guru-guru peserta pelatihan meningkatkan kompetensi menulisnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bontang Dwi Indriani Djemain, menyampaikan apresiasi setinggi  tingginya kepada PT KMI yang telah menunjukkan kepedulian yang sangat besar bagi dunia pendidikan di Kota Bontang.

*Pada para peserta pelatihan, pesan saya adalah untuk mengikuti pelatihan dengan serius sehingga mendapatkan ilmu yang berguna bagi penulisan artikel, buku, maupun karya tulis bagi kenaikan golongan dan peningkatan kompetensinya," ujarnya.

Dwi Indriani menambahkan, Target yang ingin diraih dari pelatihan ini adalah terbitnya 4 buku yang akan menjadi hadiah terindah bagi dunia pendidikan di Kota Bontang dan bagi Pemerintah Kota Bontang.

Keempat buku tersebut antara lain adalah Buku Gerakan Literasi Sekolah, Buku Wajah  Wajah Berbagi Inspirasi, Buku Memaknai Hari  Hari Besar, dan Buku Guru itu Bernama Bontang.

Puncak dari kegiatan pembukaan pelatihan itu adalah pemberian hadiah  Umroh bagi guru-guru berprestasi yang telah mengharumkan nama Kota Bontang di tingkat Nasional dalam ajang Lomba Guru Berprestasi dari PT Kaltim Methanol Industri.

Hadiah  tersebut diberikan kepada Sumarni dari TK Negeri 1 Bontang, Romidah dari SDN 001 Bontang Selatan, dan Hamid Arif Shodiqi dari SMP Negeri 2 Bontang.

Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh guru di Bontang untuk terus bersemangat mencerdaskan anak-anak Bontang dan tak lupa berprestasi mengharumkan nama Kota Bontang.

Sebelumnya PT KMI juga telah memberikan reward Field Study ke Singapura bagi Guru Peraih Medali Emas Olimpiade Guru Nasional, Jarot Endik Setiawan dari SMP Negeri 3 Bontang dan siswa-siswi pemenang KMI English Competition pada bulan April lalu. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT