15 August 2019, 23:12 WIB

HUT RI, Ratusan Pendaki Bakal Upacara di Gunung Arjuno-Welirang


Antara | Humaniora

MI/Abdus Syukur
 MI/Abdus Syukur
Gunung Arjuno-Welirang di Jawa Timur

UNIT Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo menyatakan sebanyak 200 pendaki yang akan melaksanakan upacara bendera di Gunung Arjuno-Welirang, Jawa Timur, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala UPT Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi mengatakan, pascakebakaran yang melanda kawasan Gunung Arjuno beberapa waktu lalu, saat ini kondisi sudah dinyatakan aman, sehingga para pendaki bisa melaksanakan upacara bendera untuk memperingati HUT ke-74 RI.

"Untuk upacara 17 Agustus, diperkirakan ada 200-300 pendaki yang akan melaksanakan upacara," kata Wahyudi, di Kota Baru, Jawa Timur, Kamis (15/8).

Wahyudi menjelaskan, hingga saat ini memang belum bisa dipastikan berapa banyak pendaki yang sudah mendaftar untuk melaksanakan upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut.

Namun, berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, para pendaki tersebut akan mulai berdatangan pada 16 Agustus, dan langsung melakukan pendaftaran untuk melakukan upacara keesokan harinya.

Baca juga : Setjen DPR RI Persiapkan Rangkaian Kegiatan HUT ke-74 DPR RI

"Mereka kebanyakan langsung mendaftar pada 16 Agustus, dan langsung mendaki," kata Wahyudi.

Para pendaki tersebut akan melakukan pendaftaran di pos-pos yang ada di empat titik. Pos-pos pendakian tersebut berada di Pos Tretes, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Pos Purwosari Kabupaten Pasuruan, Pos Lawang Kabupaten Malang, dan Pos Bumiaji di Kota Batu.

Pada pelaksanaan upacara 17 Agustus 2019, rencananya para pendaki akan melaksanakan upacara bendera di Pos II Kokopan, jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang.

Gunung Arjuno-Welirang merupakan dua gunung yang berdampingan, dan biasanya para pendaki mendaki keduanya dalam satu perjalanan. Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 mdpl.

Beberapa waktu lalu, pendakian ke Gunung Arjuno sempat ditutup akibat adanya kebakaran hutan yang menghanguskan areal seluas 350 hektare. (Ant/OL-7)

BERITA TERKAIT