17 August 2019, 17:05 WIB

Cara Asyik Travelling dengan si Kaki Empat Kesayangan


Tosiani | Weekend

Unsplash/Avi Richards
 Unsplash/Avi Richards
Anda perlu melakukan persiapan sebelum bepergian dengan hewan peliharaan kesayangan.

Jika Anda berencana bepergian bersama dengan hewan peliharaan kesayangan, sangat penting menjaga hewan anda agar tetap senang. Dikutip dari situs HuffPost, berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan agar teman perjalanan Anda dapat ikut menikmati petualangan.

Jodi Ziskin, pelatih hewan peliharaan holistik, menyarankan agar Anda terlebih dulu meneliti persyaratan perjalanan hewan peliharaan untuk negara yang akan dikunjungi. Beberapa negara meminta vaksinasi minimal beberapa bulan sebelum bepergian. Ada pula negara yang perlu pengujian parasit 24-48 jam sebelum kunjungan Anda.

Perkenalkan 'bayi berbulu' Anda dengan carrier yang Anda pakai untuk mengangkutnya. Beri kucing atau anjing Anda waktu untuk terbiasa dengan bentuk dan aroma carrier. "Berikan kudapan di dalam, dan dorong hewan anda untuk tidur siang di dalamnya. Semakin terbiasa dia dengan carrier-nya, semakin sedikit risiko stress yang ia alami saat di perjalanan," terang Ziskin.

Bepergian dengan pesawat
Perhatikan juga aturan penyaringan untuk hewan peliharaan. Keluarkan peliharaan Anda dari carrier sebelum di-screening. Jika kawatir hewan berperilaku buruk di pos pemeriksaan keamanan biasa, mintalah kamar pribadi.

Setiap maskapai pun punya aturan berbeda. Pastikan aturan itu sebelum Anda membeli tiket. Jika memungkinkan, mintalah rekan perjalanan Anda itu ditempatkan bersama Anda di kabin pesawat. Ia bisa dimasukan ke dalam carrier dan ditempatkan di bawah kursi Anda.
"Area kargo bisa menjadi problematik bagi hewan peliharaan," kata Andrea Chaves, pendiri dan CEO Paswscout, sebuah perusahaan pembuat label hewan peliharaan dengan pengaktivan bluetooth.

Menurutnya, maskapai hanya mengalokasikan beberapa tempat untuk hewan peliharaan per penerbangan. Jadi, Anda harus membuat reservasi untuk hewan anda dulu. Jika ukuran hewan Anda terlalu besar untuk di carrier dalam kabin, mau tidak mau ia harus ditempatkan dalam area kargo. Tidak semua maskapai mengizinkan opsi ini, jadi mungkin biayanya akan lebih tingga dari pada di kabin.

Pada carrier tersebut, jangan lupa menyematkan label 'binatang hidup (live animal)' di setiap sisinya. Sertakan pula informasi nama dan nomor kontak Anda, nomor penerbangan, serta keterangan tentang hewan Anda. Pertimbangkan untuk menyertakan kantong makanan ekstra di sisi luar carrier sebagai antisipasi delay penerbangan.

Jangan lupa, pastikan hewan peliharaan Anda dapat berdiri, berbalik, dan berbaring dengan leluasa dalam carrier-nya.

Anda juga harus mengatur waktu pemberian makan dan buang air dengan tepat. Chavez merekomendasikan banyak olahraga malam sebelumnya, beri makan hingga kenyang, dan hanya sedikit air saat perjalanan.

Ia juga mengemukakan, ada beberapa jenis anjing yang tidak boleh terbang, seperti bulldog, pug, maupun jenis lain yang berhidung pesek dan berwajah datar. Tekanan udara di ketinggian akan membuat mereka sulit bernafas.

Roadtrip
Bagaimana jika bepergian dengan kendaraan?  Hewan peliharaan Anda perlu dilatih lebih dulu untuk terbiasa dengan dan berada dalam kendaraan.

"Biasakan membawa hewan dalam perjalanan singkat menggunakan mobil, bau yang akrab dari rumah membuat hewan rileks, jadi bawa mainan dan tempat tidur favoritnya. Di perjalanan juga penting membawanya istirahat, dan jangan meninggalkannya sendirian di kendaraan," tutur Erin Bokuniewicz, seorang pembeli produk di Pet Supplies Plus.

Kemudian, usahakan agar jendela dan atap kendaraan selalu tertutup untuk mencegah 'kawan berbulu' Anda kabur, kecuali Anda sudah melatihnya untuk disiplin mengikuti perintah Anda. Seat belts khusus hewan dapat jadi pertimbangan.

Penting juga memesan hotel yang ramah hewan. Tidak semua hotel mengizinkan hewan peliharaan, dan biasanya akan ada tambahan biaya per malam, per hewan. Serta menjaga hewab peliharaan tetap tenang dan aman selama bepergian. Jika ragu, biarkan hewan peliharaan anda tetap di rumah selama anda bepergian.

Darurat
Sebelum pergi, siapkan kotak emergency yang berisi sejumlah item seperti: pad, lakban, perban, ice pack, handuk, saline solution, gunting, handuk, dan tweezer.

Anda juga harus mengidentifikasi klinik dokter hewan darurat yang terdekat dengan hotel Anda, kalau-kalau ada masalah medis yang tidak dapat Anda tangani sendiri.

Terakhir, pastikan hewan peliharaan Anda memiliki identifikasi yang tepat. Ziskin menyarankan untuk meletakkan nama dan nomor ponsel Anda pada tag hewan peliharaan Anda dan bukan pada namanya. Misalnya, tag mungkin bertuliskan "Kontak Retno: 0000111222" Jika hewan peliharaan Anda bersemat microchip, pastikan berisi data terbaru. (M-2)

BERITA TERKAIT