15 August 2019, 20:23 WIB

Sirkuit Mandalika Diuji Kelayakan Akhir 2020


Budi Ernanto | Olahraga

ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
 ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Foto udara gerbang timur Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB.

PENGEMBANG dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok–NTB PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan uji kelayakan Sirkuit Mandalika dapat dilakukan pada akhir 2020. Sementara tanggal balapan MotoGP Mandalika untuk musim 2021 akan diumumkan pada Agustus 2020.

“Kami pastikan pembangunan Mandalika Street Circuit saat ini berjalan sesuai dengan rencana, yaitu memulai konstruksi pada Oktober 2019. Selain kegiatan di lapangan yang fokus kepada area sirkuit, berupa pemagaran yang hampir mencapai 50% dan land clearing, proses homologasi desain Mandalika Street Circuit juga telah menyepakati Center Line desain sirkuit, artinya telah menyepakati titik-titik koordinat, panjang, dan lengkung lintasan satu dengan yang lainnya,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer.

Baca juga: Gubernur NTB Pastikan Mandalika Siap Gelar MotoGP 2021

Pembangunan Mandalika Street Circuit, yang akan digunakan untuk penyelenggaraan MotoGP mulai 2021, saat ini telah sampai proses pengukuran topografi dan penyelidikan tanah, dan saat ini telah memasuki tahap land clearing dan pemagaran sekeliling area sirkuit. Dari pagar keliling sepanjang 6,25 km, telah terbangun 2,5 km atau sekitar 42%. Sementara land clearing mencapai 98 ribu m2 dari rencana 432 ribu m2.

“Dengan perhatian dan dukungan yang begitu besar dari pemerintah pusat dan daerah terhadap keberhasilan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2021, kami yakin persiapan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2021 dapat berjalan sesuai jadwal. Kami mohon dukungan semua pihak agar kami
dapat mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia untuk menyaksikan gelaran MotoGP 2021 di Mandalika,” sambung Abdulbar. (R-3)

BERITA TERKAIT