15 August 2019, 19:30 WIB

Polri Hadirkan Satgas Nusantara Untuk Amankan Pilkada 2020


Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum

 ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/
  ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/
KAPOLDA Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Purnomo

KAPOLDA Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Purnomo menuturkan pihaknya bakal menyiapkan langkah-langkah terkait pengamanan Pilkada 2020. Salah satunya dengan menghadirkan Satuan Tugas (Satgas) Nusantara untuk meredam adanya kemungkinan konflik pada Pilkada mendatang.

"Satgas Nusantara masih berjalan nanti. Satgas ini bertujuan untuk cooling system. Kalau di masyarakat atau kelompok-kelompok tertentu yang memanas-manasi situasi, nah (satgas) ini akan mendinginkan situasi itu," ujat Gatot di Gedung Perpustakaan Nasional, Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (15/8).

Baca juga: Presiden Kukuhkan Paskibraka 2019

Satgas Nusantara melibatkan unsur organisasi masyarakat (Ormas) dan ulama didalamnya untuk sama-sama mereduksi ketegangan yang nanti muncul pada pelaksanaan Pilkada.

"Bersama-sama kita dinginkan situasi ini, kalau enggak di dinginkan bisa meledak (situasi pemilu). Polisi pasti menyiapkan langkah antisipasi itu," kata Gatot.

Lebih lanjut, Gatot mengatakan, pihaknya melakukan evaluasi internal dalam prosesnya pengamanan pemilu 2019. Misalnya, seperti masih adanya kekurangan personel saat berjaga di TPS pada 17 April kemarin atau soal kegiatan pengamanan yang masih kurang.

"Nah, ini yang perlu kita evaluasi. Kita ke depan juga melihat potensi-potensi apa yang menjadi gangguan dan isu-isu sensitif yang perlu kita jaga sekali. (Isu sensitif) ini berbahaya terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Nah, ini yang kita minimalisir," kata Gatot

"Kemudian, dengan perlu menjadi cooling system. (Jangan ada) pihak yang menggunakan kesempatan ini untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, kita ingatkan mereka," tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT