15 August 2019, 18:10 WIB

Pancasila Sebagai Solusi Kebangsaan


Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum

wikipedia
 wikipedia
Garuda Pancasila

REKTOR Universitas Gadjah Mada (UGM), Panut Mulyono, mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai sumber rujukan dalam mengatasi berbagai persoaan kebangsaan dewasa ini. Khususnya, yang berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sayangnya pada kehidupan sekarang ini masih terjadi relasi kuasa yang tidak seimbang, sebagian warga negara ada yang merasa superior sebagai kelas pertama sedangkan sebagian lainnya merasa sebagai warga kelas dua. Ini bertentangan dengan sumber awal kita dalam mendirikan negara. yakni satu untuk semua dan semua untuk satu," tutur Mulyono di Kampus Universitas Gadjah Mada, Kamis (15/8).

Baca juga: Penyuap Bos Krakatau Steel Divonis 1 Tahun 9 Bulan

Pancasila, menurutnya, merupakan satu kesatuan utuh yang setiap silanya tidak berdiri sendiri sendiri maupun terlepas satu dengan lainnya.

"Ketika Soekarno mencentuskan formula Pancasila, persatuan Pancasila sebagai satu kesatuan itu diperkenalkan oleh Notonegoro melalui teorinya tentang hierarki piramida Pancasila. Sila-sila Pancasila tidak dapat dipahami secara terpisah dan terlepas dari sila sila lainnya," tutur Mulyono.

Pada kesemapatan yang sama, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyampaikan harapannya agar dalam upaya merajut persatuan bangsa diharapkan semua elemen bangsa berpegang teguh kepada cita-cita prolamasi yang menjiwai UUD 45 dan Pancasila yang implisit di dalam substansi pembukaannya.

"Kesadaran kebhinekaan dan taat konstitusi merupakan modal sosial berharga guna membangun pradaban Indonesia yang menyatu dan bermutu," tuturnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT