15 August 2019, 10:28 WIB

Jawa Tengah Miliki Pengolah Sampah Plastik


Akhmad Safuan | Nusantara

MI/Susanto
 MI/Susanto
Ganjar Pranowo 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dalam upaya memerangi dan mengurangi sampah plastik, saat ini ada dua proyek besar yang fokus menangani sampah. Yakni pengolahan sampah menjadi gas metan di Semarang dan pengolahan sampah menjadi briket di Cilacap.

"Pabrik pengolah sampaj menjadi briket di Cilacap sudah 100% siap dioperasikan. Pembelinya juga sudah ada," kata Ganjar di Semarang, Kamis (15/8).

Pada kesempatan sama, Direktur Solusi Bangun Indonesia (SBI), Aulia M Oemar usai bertemu dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan pabrik pengolah sampah yang ada di Kabupaten Cilacap, setiap hari menyerap 150 ton sampah-sampah plastik. Sampah plastik itu kemudian diolah menjadi briket yang bisa digunakan untuk pengganti batu bara.

baca juga: Revolusi Hijau Jadi Percontohan Indonesia Untuk Dunia

Aulia mengaku uji coba pengolahan sampah jadi briket sudah lama dilakukan. Dari hasil uji coba briket didapat kapasitas mulai dari 3.000 hingga 4.000 kalori. Sedangkan mesin pabrik buatan Denmark ini bila dioptimalkan mampu menampung 500-600 ton sampah setiap hari.
(OL-3)

BERITA TERKAIT