15 August 2019, 10:30 WIB

Tiga Emas Jadi Target PBVSI di SEA Games 2019


Achmad Firdaus | Olahraga

ANTARA/M Risyal Hidayat
 ANTARA/M Risyal Hidayat
Pebola voli putri Timnas melakukan latihan di Pelatnas Bola Voli di Padepokan Bola Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

PENGURUS Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PB PBVSI) memasang target menyumbang tiga medali emas di SEA Games 2019, Filipina, 30 November - 11 Desember 2019.

Dua medali emas ditargetkan dari cabor voli pantai, sementara satu emas lainnya ditargetkan untuk timnas voli indoor, khususnya sektor timnas putra.

Ketua Umum PBVSI Imam Sudjarwo beralasan target emas yang dibebankan kepada tim putra berdasarkan dari penilaian dan masukan dari berbagai kalangan.

Pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia, Tim voli putra Indonesia meraih medali perak, usai kalah dari Thailand final.

Namun, di ajang Asian Games 2018, tim voli putra Indonesia berhasil membalas kekalahan dari Thailand dan melaju hingga babak perempat final.

"Sehingga kita tingkatkan prestasi pada ajang mendatang," kata Imam dalam acara peresmian 36 atlet tim nasional voli Indonesia di Padepokan Voli, Sentul, Jawa Barat, Rabu (14/8).

Baca juga: Jarak Tempuh ke Venue Bikin Gusar Kontingen SEA Games Indonesia

Tim Voli Putra Indonesia bermaterikan 18 pemain di SEA Games 2019 nanti. Selain menunjuk pemain-pemain terbaik, PBVSI juga menunjuk pelatih asal Tiongkok, Li Qiujiang, guna mencapai target emas di SEA Games 2019.

"Mudah-mudahan dengan kesiapan yang matang ini, dengan pelatih yang dipersiapkan pelatih voli putra dari Tiongkok mudah-mudahan target kita akan tercapai di SEA Games mendatang," lanjutnya.

Untuk mengasah kekompakan dan permainan tim putra, PBVSI juga sudah mengagendakan try out. Rencananya, pada September mendatang tim voli putra Indonesia akan berangkat ke Iran untuk berlatih dan melakoni sejumlah pertandingan.

Sementara itu, untuk tim putri yang juga bermaterikan 18 pemain, Imam tidak berani mematok target muluk. Aprilia Manganang dan kawan-kawan hanya dipatok target menyamai pencapaian di SEA Games 2017, yakni medali perak.

Meski demikian, persiapan tetap dilakukan dengan serius. PBVSI akan mengirim tim putri ke Korea Selatan pada bulan ini untuk menjalani laga uji coba di turnamen voli tingkat asia.

Jika di voli indoor, PBVSI hanya memasang target satu emas, di kategori voli pantai PBVSI menargatkan medali emas, baik untuk timnas putra maupun putri.

Imam berasalan, target tersebut cukup realistis, apalagi jika merujuk pada hasil turnamen Asia Pasific Championship Beach Volley di Taiwan, 11 Agustus lalu.

Pada turnamen tersebut, tim voli pantai putra berhasil meraih medali emas. Sementara tim voli pantai putri menyumbang medali perak.

"Ini luar biasa, di tingkat Asia Pasifik memperoleh medali emas dan medali perak. Insyaallah pada SEA Games 2019 dua medali itu akan kita raih," tandas pria yang juga menjabat direktur televisi nasional tersebut. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT