15 August 2019, 10:15 WIB

Liverpool Samai Rekor Real Madrid di Piala Super Eropa


Rendy Renuki H | Sepak Bola

AFP/Bulent Kilic
 AFP/Bulent Kilic
Para pemain Liverpool merayakan keberhasilan mereka menjadi juara Piala Super Eropa.

LIVERPOOL berhasil merebut gelar juara Piala Super Eropa 2019. The Reds menyingkirkan Chelsea lewat drama adu penalti di Vodavone Arena, Istanbul, Kamis (15/8) dini hari WIB.

Kedua klub Liga Primer Inggris itu bermain imbang 1-1 di 90 menit waktu normal. Liverpool dan Chelsea pun kembali bermain imbang 2-2 hingga dua kali babak tambahan waktu.

Pemenang akhirnya ditentukan via adu penalti dengan lima eksekutor Liverpool menjalankan tugas dengan baik. Eksekutor terakhir Chelsea, Tammy Abraham gagal menuntaskan tugasnya.

Liverpool akhirnya menang dengan skor 5-4 di babak adu penalti. Kemenangam yang membuat Liverpool menyamai rekor Real Madrid di ajang Piala Super Eropa.

Gelar Piala Super Eropa kali ini menjadi yang keempat kalinya bagi Liverpool. The Reds sebelumnya meraih gelar yang sama pada 1977, 2001, dan terakhir 2005.

Baca juga: Adrian Antar Liverpool Juara Piala Super Eropa

Kini Liverpool hanya tertinggal satu gelar dari AC Milan dan Barcelona dalam sejarah turnamen tersebut. Rossoneri dan Azulgrana masih menjadi tim terbanyak meraih gelar Piala Super Eropa dengan lima trofi.

Sejarah mencatat, Piala Super Eropa 2019 menjadi ajang keenam sepanjang sejarah yang diikuti Liverpool. Sayang, tim Merseyside Merah itu merasakan kekalahan pada 1978 dan 1984.

Sementara bagi Chelsea, kekalahan ini menjadi yang ketiga kalinya sepanjang sejarah Piala Super Eropa. The Blues sebelumnya kalah pada edisi 2012 dan 2013.

Chelsea tercatat baru sekali merasakan gelar Piala Super Eropa pada 1998 silam. Kemenangan yang mereka raih atas juara Liga Champions Real Madrid dengan skor 1-0. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT